Minta Dukungan Pj Wali Kota Palopo, Mexianus Bekabel: Tempat yang Layak buat Anggota Basarnas Nyaman

Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani (tiga kanan) salam komando Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel (empat kiri)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M. Si, di dampingi Kepala BPBD Kota Palopo dan Kadis Sosial serta Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo menerima kunjungan silaturahim Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel di rumah jabatan Wali Kota. Rabu 1 November 2023.

Dalam silaturahim itu, Kepala Basarnas Makassar meminta dukungan Pj Wali Kota terkait keberadaan Pos SAR di Kota Palopo.

“Kita datang di sini mau bantu pemerintah daerah, ya paling kurang pemerintah daerah bisa memberikan tempat yang layak agar kita (Basarnas) bisa bekerja dengan baik. Jadi kami berharap bapak bisa berpikir seperti apa, supaya anggota kami juga nyaman,” ungkap Mexianus.

“Ada 5 orang personil kami dari Basarnas di Kota Palopo. Dan berdasarkan undang-undang, kami itu bersama pemerintah daerah, TNI dan polri. Jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri. Terlebih di bawa Pemda kan ada BPBD dan organisasi lainnya. Jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri”, lanjutnya.

Mexianus melanjutkan, pembentukan unit (SAR) itu tidak serta merta, harus melalui beberapa kajian. Dan walaupun kami dengan keterbatasan SDM, itu di beberapa daerah meminta satu kabupaten satu unit, tapi itu tidak bisa, kami tidak seperti BPBD. Jadi kita satu unit itu bisa membawahi beberapa daerah di sekitarnya.

Kepala Basarnas Makassar menambahkan bahwa kedepan pihaknya juga akan bersurat terkait PKO dari pegawai pemerintah untuk di latih dan didik untuk di perbantukan di Basarnas.

“Jadi yang dari Pol PP atau dari mana itu, 10 orang akan kami latih untuk membekup. Tapi finansial atau dana dari itu nanti di tanggung dari Pemda. Jadi kita hanya melatih dan menyiapkan untuk mereka standby di pos. Dan itu sudah ada beberapa kab/kota yang kami lakukan seperti itu,” ucapnya menjelaskan.

Sementara itu, Pj Wali kota mengatakan akan siap mendukung Basarnas. Dirinya meminta kepada kepala BPBD kota Palopo untuk menindaklanjuti apa yang menjadi maksud kepala Basarnas Sulawesi Selatan, mencarikan lokasi yang lebih repsesntatif lagi bagi personil dan peralatan Basarnas.

“Kami siap mendukung, silahkan diajukan permohonannya, sembari mengungkapkan bahwa Minggu lalu juga datang dari Lantamal bersilaturahim dan berencana membangun pos di Kota Palopo. Menurut saya itu bagus, dengan itu kita bisa bersinergi bersama,” ungkap Pj Wali Kota. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here