Momen HAORNAS 2023, Bupati Lutim Resmikan Stadion Andi Hasan Opu To Hatta

Stadion Andi Hasan Opu To Hatta yang diresmikan Bupati Luwu Timur, H Budiman, Sabtu (9/9/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Kabupaten Luwu Timur kini memiliki stadion yang diberi nama Andi Hasan Opu To Hatta. Stadion ini terletak di dekat Gedung Olah Raga (GOR) dan Terminal Baru Malili, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

Stadion yang sempat mangkrak pembangunannya ini, diresmikan pengunaannya oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-40 yang juga dirangkaikan dengan pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Lutim, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan diawali dengan deville dari 11 peserta PORKAB Kabupaten Luwu Timur, Tim Jurnalis FC. dan Panitia PORKAB Lutim dengan iringan musik dari Marching Band SMA Negeri 3 Luwu Timur.

Selanjutnya pembacaan Makna dan Filosofi logo PORKAB Lutim Tahun 2023, Pengibaran Bendera PORKAB, serta pembacaan janji atlet oleh Susilo Dwi Hidayat dan janji Wasit oleh Hasan, S.Pd.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengungkapkan, kita menyaksikan bahwa kalau ada kebaikan yang orang tua kita lakukan maka tidak akan bisa terhapus oleh zaman, ia akan tetap muncul jadi sebuah kebaikan yang abadi ditengah-tengah masyarakat.

“Untuk itu, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kehadiran keluarga almarhum H. Andi Hasan Opu To Hatta yang tadi deskripsi sejarah singkat beliau telah disampaikan dan pasti kita sudah tahu semua mengapa stadion ini kita beri nama Stadion Andi Hasan Opu To Hatta,” bebernya.

Stadion ini, lanjut Budiman, pernah mangkrak dan akhirnya telah berhasil direnovasi. Renovasi stadion ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan fasilitas olahraga yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

“Saya perlu sampaikan bahwa stadion ini mangkrak kurang lebih 9 tahun, dan terima kasih kepada Kajari Lutim yang telah mendampingi program ini sehingga hari ini bisa kita lakukan peresmian, paling tidak tempat ini bisa kita jadikan tempat untuk bermain bola,” ujar Bupati Budiman.

“Mudah-mudahan ini bisa kita pelihara, mari kita jaga semua fasilitas ini. Dan semoga kita dipanjangkan usia, kita siapkan anggaran di tahun 2025 untuk menyelesaikan tribun yang ada dibelakang ini,” tutur Mantan Guru olahraga ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini mengajak semua pihak agar menjadikan PORKAB ini sebagai momen yang berharga untuk memupuk semangat sportivitas, persatuan, dan kebersamaan.

“Saya berharap agar acara ini dapat berjalan dengan lancar, sukses, dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” tandas Bupati Luwu Timur.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Parmudora) Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad melaporkan, Porkab perdana ini akan berlangsung mulai tanggal 10 sampai 16 September 2023 yang akan memperlombakan 9 cabor dengan venue yang tersebar di dua kecamatan yakni Wotu dan Malili.

“Sejarah Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September tidak luput dari momen Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta pada 9 – 11 September 1948 silam. Tujuannya untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air,” imbuhnya.

Untuk peresmian stadion Andi Hasan Opu To Hatta, Andi Tabacina kemudian membacakan linimasa pembangunan Stadion Malili mulai dari pembebasan lahan pada tahun 2008 sampai diresmikannya hari ini.

“Kami mewakili seluruh teman-teman yang berkontribusi dalam pembangunan stadion mulai dari 2008 – 2023 mengucapkan terima kasih atas bimbingan bapak Drs. H. Andi Hatta Marakarma, Alm. H. Muh. Thoriq Husler, dan Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman yang telah mempercayakan kepada kami untuk melaksanakan amanah ini,” terang Kadis Parmudora.

“Terima kasih pula kepada bapak Kajari beserta jajaran atas bimbingan pengamanan program strategis daerah terhadap pembangunan lanjutan stadion 2022-2023, terima kasih juga kepada bapak Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Ketua PN, Sekda, atas arahannya,” tutup Andi Tabacina.

Pembukaan PORKAB Lutim Tahun 2023 ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Bupati Luwu Timur. Sementara Peresmian Stadion Andi Hasan Opu To Hatta ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine dan Penandatangan Prasasti oleh Bupati Budiman.

Pada kesempatan ini, Bupati Luwu Timur juga menyerahkan penghargaan kepada Kajari Luwu Timur, Dr. Yadin yang telah mendampingi pembangunan stadion melalui program pendampingan proyek strategis daerah tahun 2022/2023, dan penghargaan kepada Satya Sakti Narayana, peraih Medali Perunggu U12 pada perhelatan 21th ASEAN Tahun 2022 di Bangkok, Thailand.

Usai peresmian, kegiatan ditutup dengan Laga Eksebisi sepakbola FOURFEO antara Tim Pemda Lutim FC. yang diperkuat dua Legenda PSM (Syamsul Haeruddin dan Ronny Ririn) melawan Adhyaksa FC., DPC. Apdesi FC., dan Jurnalis FC. yang juga diperkuat legenda PSM, Charles Lionga (Naturalisasi asal Kamerun).

Tampak hadir Wakil Ketua II DPRD Lutim, H. Usman Sadik, Forkopimda Lutim, Sekretaris Daerah Lutim, H. Bahri Suli beserta seluruh jajaran Pemkab Lutim, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Pimpinan dan Management PT. Vale Indonesia, Ketua KONI Lutim, Ketua dan Pengurus Cabor se-Lutim, Panitia Pelaksana Porkab dan HAORNAS, dan Keluarga Besar Almarhum H. Andi Hasan Opu To Hatta. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

39 − 37 =