Musrenbang Tingkat Kecamatan Malangke Libatkan Forum Anak

Suasana pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Malangke, Luwu Utara.

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara 2023 terus bergulir.

Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi, Kepala Bappelitbangda, Alauddin Sukri, Kadisdukcapil, Kasrum danĀ  Kepala DPKP, drh. Adriyani Ismail, Musrembang Rabu, 1 Februari 2023 berlangsung di Kecamatan Malangke.

Menariknya, musrembang yang digelar di kantor kecamatan tersebut juga melibatkan forum anak.

Camat Malangke, Mursalim menuturkan pelibatan forum anak adalah upaya mengakomodir usulan untuk pemenuhan hak-hak anak.

“Kenapa kita hadirkan, karena ini sebagai bentuk upaya partisipasi anak dalam pembangunan daerah. Dan perwujudan kabupaten layak anak dan terbukti dalam rapat mereka antusias menyuarakan hak-haknya,” terang Mursalim.

Ada beberapa poin yang menjadi masukan, diantaranya forum anak meminta agar dilakukan pembentukan kembali forum anak tingkat kecamatan.

“Sementara terkait program kerja lainnya meliputi usulan agar dibantu dalam pembuatan Kartu Indentitas Anak, wajib sekolah 12 tahun, massif diadakan sosialisasi narkoba dan seks bebas termasuk menekan pernikahan usia dini,” tambahnya.

Sementara itu Armiadi saat membacakan sambutan Bupati Luwu Utara menyampaikan, selain usulan masyarakat untuk tetap membahas program prioritas diantaranya fokus menekan kemiskinan ekstrem dan angka stunting.

“Saya kira selain infrastruktur, pertumbuhan ekonomi dua point penting harus menjadi perhatian kita dalam musrembang ini. Sesuai arahan ibu bupati tahun ini kita harus mengentaskan kemiskinan ekstrem dan angka stunting,” ucap Armiadi.

Diketahui, berbagai usulan masyarakat nantinya akan dirangkum untuk menjadi acuan kerja di tahun ini. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here