Pejabat Kementerian PUPR Tinjau Langsung UjI Pengaliran Bendung Baliase

Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dr Ismail Widadi didampingi Bupati Lutra Indah Putri indriani meninjau langsung Uji Pengaliran (Running Test) pembangunan Bendung Baliase, Kabupaten Luwu Utara, Kamis (21/9/2023)

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dr Ismail Widadi meninjau langsung Uji Pengaliran (Running Test) pembangunan di Baliase, Kabupaten Luwu Utara, Kamis (21/9/2023)

Uji pengaliran atau Running Test ini mengaliri 3.000 HA di wilayah, tidak hanya membuka pintu air Bendung Baliase, Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dr Ismail Widadi bersama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani juga memantau langsung area persawahan yang dialiri jaringan irigasi Bendung baliase itu.

“Setelah pengerjaan Bendung Baliase dan jaringan irigasi ini dilakukan perbaikan, hari ini kita running test mengaliri sekitar 3000 HA sawah yang ada di beberapa kecamatan dan desa d Luwu Utara,” kata Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dr Ismail Widadi.

Bendung dan jaringan irigasi Balise ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Ismail Widadi, Bendung dan Jaringan Irigasi Baliase ini adalah Proyek Strategi Nasional pertama yang diresmikan beserta jaringan irigasinya.

“Melihat kondisi saat ini, ini adalah proyek strategi nasional pertama yang Insya Allah nantinya akan di resmikan oleh Presiden Joko Widodo. Seperti kita ketahui sudah banyak proyek strategi nasional yang diresmikan presiden itu mayoritas hanya Bendungannya saja dan belum ada bendung yang diresmikan presiden beserta jaringan irigasinya,” ungkapnya.

“Mudah mudahan kita lihat kesiapan fisiknya relatif siap, tinggal kita tata keindahan nya dan menyiapkan sarana pendukung lainnya,” sambung Ismail.

Ismail juga mengusulkan untuk membentuk tim koordinasi persiapan peresmian Bendung dan jaringan irigasi Baliase ini.

“Kami tadi diskusikan dengan ibu Bupati Luwu Utara, nanti kita akan bentuk satu tim koordinasi persiapan peresmian dan mudah mudahan dengan persiapan yang kita akan lakukan nanti, bapak presiden berkenaan untuk hadir meresmikan langsung Bendung Baliase dan saluran irigasi,” tutur Ismail.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR yang selalu hadir membangun negeri.

“Kita ketahui potensi air di Luwu Utara sangat luar biasa, kami sangat bersyukur dengan adanya PSN (proyek strategi nasional.red) Bendung Baliase yang direncanakan akan akan mengaliri sekitar 18 ribu lebih areal persawahan di Luwu Utara,” kata Indah.

“Hari ini ada uji pengaliran atau Running Tes untuk mengaliri sekitar 3000 HA persawahan dan ditinjau langsung oleh Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dr Ismail Widadi beserta rombongan,” sambung istri anggota DPR RI Komisi V Muhammad Fauzi.

Indah berharap, hadirnya bendung dan irigasi Baliase ini dapan dilihat dan dinikmati langsung oleh masyarakat, terutama masyarakat yang daerahnya dialiri.

“Pemerintah hadir bukan hanya membangun, tapi yang paling penting apa yang kita lakukan ini dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dengan hadirnya Bendung dan jaringan irigasi Baliase ini dapat menjadikan Luwu Utara salah satu daerah yang menjadi lumbung beras di Sulsel dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here