Pejabat Pemkot Parepare Terima Audiensi Baznas, Hal Ini Yang Dibahas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Asisten I Pemkot Parepare Dede Harirutaman yang didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Muh Islah menerima audiensi itu di Lounge BJ Habibie, Kantor Wali Kota Parepare, Jumat 2 Februari 2024.

LINISULSEL.COM, PAREPARE – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Asisten I Pemkot Parepare Dede Harirutaman yang didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Muh Islah menerima audiensi itu di Lounge BJ Habibie, Kantor Wali Kota Parepare, Jumat 2 Februari 2024.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai hal, termasuk penetapan zakat haji, nisab zakat fitrah, serta dukungan sosialisasi zakat profesi di kalangan ASN di lingkup Pemkot Parepare.

Serta, membahas permohonan mobil operasional Baznas dan penambahan ruangan kantor Baznas.

Ketua Baznas Kota Parepare, Syaiful Amir, bersama jajarannya, turut hadir dalam audiensi ini.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, Fitriadi.

Dede Harirutaman menjelaskan bahwa dalam audensi ini, Baznas mengkoordinasikan beberapa hal dengan Pemkot Parepare, termasuk pembahasan zakat haji untuk tahun 2024.

Dia juga menyampaikan rencana penetapan besaran zakat fitrah menjelang bulan suci Ramadan, serta kolaborasi program antara Baznas dan Pemkot Parepare.

“Untuk zakat fitrah, insyaallah beberapa bulan lagi kita akan memasuki bulan suci ramadan, yang memang harus ditetapkan besarannya oleh Pemerintah Kota Parepare,” katanya.

Termasuk, membahas program Baznas yang telah dikolaborasikan dengan Pemkot Parepare.

“Insyaallah, kami mencoba mendukung. Bagaimana Baznas ini dapat lebih aktif lagi dalam memberikan bantuan-batuan bagi masyarakat kita,” jelasnya.

Sehingga kata dia, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menyampaikan kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali terkait besaran zakat atau infak.

“Khususnya untuk haji di tahun 2024. Dan juga zakat fitrah menyambut bulan suci ramadan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Baznas Kota Parepare menambahkan bahwa audiensi ini terkait program infak haji untuk segera digagas.

“Jadi kami bermohon kepada bapak Pj Wali Kota, ada penetapan untuk para haji. Sehingga, kontribusi keumatan yang bisa diberikan nanti, kepada yang berhak melalui hak haji itu,” ungkapnya.

Dia juga berharap Pemkot Parepare segera menetapkan nisab zakat fitrah agar hal ini dapat dihimpun atau dibagikan lebih awal kepada masyarakat

Ketua Baznas Kota Parepare juga mengungkapkan harapannya agar sosialisasi di kalangan ASN lebih masif.

“Kami bermohon kepada bapak Pj Wali Kota agar ada semacam event, secara kolosal untuk ASN ini, sehingga bisa lebih giat menjalankan zakatnya melalui Baznas,” tegasnya.

Karena kata dia, berdasarkan data Baznas, sekitar 40 persen ASN di lingkup Pemkot Parepare yang baru membayar zakat.

Dia pun berharap ada upaya besar untuk meningkatkan partisipasi ASN dalam membayar zakat. Sehingga perlu effort besar untuk mengumpulkan zakat.

Dalam kesempatan itu juga, Syaiful Amir menyampaikan, bahwa Pemkot Parepare memberikan respons positif terhadap audiensi ini dan berencana untuk melakukan pertemuan intens agar semua agenda penting Baznas dapat direalisasikan sebelum memasuki bulan Ramadan. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here