Pelatihan PK2UMK, Sekda Luwu Sebut Pengelolaan Manajemen Koperasi Masih Minim

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H Sulaiman, MM (tengah) menghadiri dan membuka secara resmi acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) yang dilaksanakan di Hotel Subur Belopa, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara. Senin (19/6/2023)

LINISULSEL.COM, LUWU – Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H Sulaiman, MM membuka secara resmi acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) yang dilaksanakan di Hotel Subur Belopa, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara. Senin (19/6/2023)

Acara dihadiri sejumlah pejabat diantaranya, Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian, Rahimullah, Kepala Dinas Kominfo, H Muhammad, dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Albaruddin Andi Picunang. Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dari UPT PLUT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan

Dalam sambutannya, H Sulaiman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Luwu guna pengembangan koperasi dan UMKM.

“Sebagai penyumbang yang cukup besar pada perekonomian daerah, kita harus bersama kembali menggairahkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan koperasi dan umkm,” kata H Sulaiman

Diungkapkannya, permasalahan yang umum di hadapi di indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Luwu pada koperasi adalah pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang belum signifikan.

“Selain itu pengelolaan manajemen koperasi yang masih minim. Begitu pula pelaku UMKM yang masih kurang kemampuannya dalam mengelola UMKM sesuai prinsip-prinsip manajemen modern,” ungkapnya

Pertumbuhan Koperasi dan Usaha Mikro diharapkan dapat memberikan andil dalam pembanguan daerah di era otonomi sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

“Melalui kegiatan kita berharap dapat membantu koperasi dan UMKM untuk berkembang yang bisa berpengaruh terbukanya lowongan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Dapat pula meningkatkan pendapatan dan produksi yang pada akhirnya berperan terhadap perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 33 = 43