Pemda Luwu Timur Mantapkan Persiapan Jelang Apel Siaga Bencana

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur, Masdin AP, M.Si, memimpin rapat pemantapan persiapan pelaksanaan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan kesiapsiagaan Bencana di Lutim

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur, Masdin AP, M.Si, memimpin rapat pemantapan persiapan pelaksanaan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan kesiapsiagaan Bencana di Kabupaten Luwu Timur, Jumat (18/11/22) di ruang rapat BPBD Lutim.

Rapat pemantapan ini dihadiri oleh sejumlah OPD dan stakeholder terkait antara lain Polres Lutim, Damkar, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Diskominfo-SP, Prokopim, Koramil Malili, Dinas Perhubungan, PT. Vale Indonesia dan Basarnas.

Dalam arahannya, Masdin mengatakan bahwa, tujuan rapat pemantapan ini adalah untuk pengecekan sejauh mana kesiapan semua yang terkait untuk ikut dalam apel siaga bencana ini, baik kesiapan personil dan peralatan yang akan ditampilkan saat apel.

“Kita mau tahu kesiapan personil peserta upacara seperti yang kita sudah sepakati saat rapat pertama, sekaligus juga mengecek kembali peralatan SAR yang akan kita tampilkan nantinya, sehingga pada saat hari pelaksanaan bisa berjalan lancar tanpa kendala,” jelas Masdin.

Untuk waktu pelaksanaan, lanjut Masdin, sudah fix tanggal 23 November 2022 pukul 08.00 Pagi, rencananya akan diikuti oleh kurang lebih 400 peserta upacara dari berbagai elemen.

“Kita usahakan tepat pukul 08.00 pagi apel sudah dimulai, sehingga tidak menggangu jadwal kegiatan lainnya terutama bapak Bupati, sehingga diharapkan seluruh peserta upacara termasuk peralatan sudah standby di lapangan,” tegas Masdin.

Untuk mengantisipasi agar tidak ada keterlambatan peserta dan mobilisasi peralatan, maka diagendakan sehari sebelum hari H akan dilaksanakan pengecekan lokasi dan tempat masing-masing peserta Apel.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan Apel diserahkan ke Polres Luwu Timur yang akan mengkordinir, termasuk susunan acara. Sedangkan untuk pengaturan lalu lintas (rekayasa) dipercayakan ke Dinas Perhubungan. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here