Pemkot Palopo Gelar Job Fair, Kesempatan Bagi Pencari Kerja

Pemkot Palopo menggelar Pameran Bursa Kerja (Job Fair) bertempat di EX Kantor Gedung DPRD Kota Palopo, Selasa 9 Juli 2024

LINISULSEL.COM, PALOPO – Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo Dr. H. Andi Poci, S.IP., M.Si dalam hal ini mewakili Pj. Wali Kota Palopo menghadiri Kegiatan Pembukaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) bertempat di EX Kantor Gedung DPRD Kota Palopo, Selasa 9 Juli 2024

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 9 s/d 10 Juli 2024.

Laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja Asmiati, S.Sos mengatakan pada dasarnya kegiatan pameran bursa kerja ini dilaksanakan untuk mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia tenaga kerja yang mana dalam hal ini bahwa pencari kerja membutuhkan informasi tentang ketersediaan lowongan kerja dari pemberi kerja sehingga dapat menyerap penempatan sesuai dengan Kualifikasi yang dimilikinya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini Semoga pencari kerja yang di kota Palopo bisa terserap di dalam dunia kerja khususnya yang dibuka oleh pengusaha selaku pemberi kerja,” harapnya

Sambutan Pj Wali Kota yang diwakili oleh Asisten bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo Dr. H. Andi Poci, S.IP., M.Si mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran bursa kerja pada hari ini, karena persoalan ketenagakerjaan adalah merupakan salah satu permasalahan klasik yang dihadapi hampir setiap daerah di tanah air.
“Kita bersyukur bahwa kesempatan ini dapat dilaksanakan di Kota Palopo,” katanya.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi komitmen pemerintah Kota Palopo untuk membantu pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan pengguna tenaga kerja.

Berdasarkan data BPS, angka tingkat pengangguran terbuka di kota Palopo yakni 7,81 persen dari 65,75 persen angka penduduk usia kerja.diharapkan dengan adanya pameran Bursa kerja ini,akan menyiasati kesenjangan informasi tentang lowongan kerja sekaligus tentunya dapat menyerap tenaga kerja potensial dalam rangka mengurangi angka pengangguran secara signifikan.

Harapannya agar bursa kerja kali ini dapat menjadi pemicu tersendiri bagi pencari kerja untuk membekali diri dengan ragam kompetensi dan kualifikasi diri yang sesuai dengan standar dunia kerja.

Bahkan jika memungkinkan pada kesempatan seperti ini tersedia pula lowongan kerja bagi kaum difabel, sebagai upaya kita bersama merangkul dan mengangkat semangat percaya diri mereka.

Saya yakin dan percaya tidak sedikit kaum difabel memiliki potensi, bakat dan skill yang mumpuni, yang bahkan mampu bersaing dengan SDM lainnya.

Selain menggelar job fair seperti ini saya berharap kedepan para mitra kerja dapat menggelar pelatihan dan pendi teknis secara berkesinambungan bagi calon tenaga kerja untuk meng upgr potensi diri mereka agar siap terjun pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Kita berharap semoga momentum ini banyak terakomodir dalam menggapai citanya,dan kepada para mitra kerja yang ikut serta dalam kesempatan ini saya juga berharap agar senantiasa bersinergi dalam pemerintah kota palopo dalam rangka mengembangkan potensi investasi di daerah ini agar iklim investasi dapat tumbuh lebih baik dan mendorong perekonomian daerah

Turut hadir dalam kegiatan ini Kakan BPN, Ka.BPJS Ketenagakerjaan, Kacab Disdik Prov Sulsel Wil.XI, Ka.UPT Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Prov.sulsel, Ka.Bappeda Plp,Kadis Kominfo, Ketua BKK (Bursa Kerja Khusus) se Kota Palopo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here