Pemkot Palopo Silaturahmi Sekaligus Studi Banding ke Pemkot Palu

Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo silaturahmi, sekaligus studi banding ke Pemkot Palu, Senin (5/2/2024).

LINISULSEL.COM, PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo silaturahmi, sekaligus studi banding ke Pemkot Palu, Senin (5/2/2024).

Pemkot Palopo yang dipimpin Sekda Palopo, H Firmanza di dampingan, Kadis Kominfo, Hamsir Hamid, Kepala Bapenda, Agus Mandasani, Kadis Kesehatan Palopo, Irsan Anugrah, Kadis Pertanian, Ibnu Hasyim beserta rombongan di terim Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, didampingi sejumlah pejabat di ruang rapat Bantaya.

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi, sekaligus studi banding Pemkot Palopo ke Pemkot Palu, terkait sinergitas OPD dalam program “Membangun Kelurahan Tematik.”

Wakil wali kota dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang atas nama Pemkot Palu kepada Sekkot Palopo beserta jajaran. Wakil wali kota menjelaskan, sejak dirinya menjabat bersama Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, Pemkot Palu memiliki 53 program kerja prioritas.

Menurut wakil wali kota, walaupun program kerja itu belum terlaksana 100 persen, dikarenakan anggaran APBD yang tidak terlalu besar, Pemerintah Kota Palu terus berusaha berbenah diri apalagi pascabencana 2018 silam.

“Kalau bisa dibilang, sengsara membawa nikmat. Walaupun kita terkena bencana, Alhamdulilah kita diberikan nikmat yang lebih dari Allah SWT, sehingga kami bisa lebih bangkit lagi,” ujar wakil wali kota.

Dalam kesempatan ini, wakil wali kota memperkenalkan potensi Anggur di Kota Palu, yang sempat mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian RI. Saat itu, Menteri Pertanian RI mengunjungi langsung kebun Anggur di Kota Palu.

“Sebenarnya Kota Palu sama saja dengan di Kota Palopo, hanya beda-beda Tipis. Namanya juga kota. Saya yakin Kota Palopo juga punya potensi-potensi yang jauh lebih besar dari Kota Palu,” tambah wakil wali kota.

Sementara itu, Sekkot Palopo, Firmanza menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemkot Palu, yang telah bersedia menerima kunjungan Pemkot Palopo.

Dalam kesempatan ini, Sekkot Palopo kagum dengan perkembangan Kota Palu, meski tahun 2018 yang lalu dilanda bencana hingga Kota Palu luluh lantak, tetapi sekarang mampu bangkit dan perkembangannya luar biasa.

“Kota ini luar biasa, yang dulu luluh lantak hancur-hancuran, sekarang mampu bangkit dan luar biasa perkembangannya. Terutama taman-tamannya, kebersihannya, kemudian ada di sini kelurahan-kelurahan tematik,” ujar Sekkot Palopo.

Sekkot Palopo menyatakan, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, memerintahkan kepada jajarannya untuk mengambil ilmu ke beberapa daerah.

Diharapkan dari ilmu yang diperoleh tersebut, Pemkot Palopo bisa melakukan Amati Tiru dan Modifikasi (ATM), untuk diimplementasikan di Kota Palopo.

“Meskipun tadi dibilang kita ini beda-beda tipis, tapi kami masih mempunyai keterbatasan. Jadi ini semata-mata bertujuan bagaimana memberikan manfaat kepada masyarakat. Moga-moga ada yang bisa kami bawa pulang,” tambah Sekkot Palopo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

42 − 32 =