Penurunkan Kasus Stunting di Palopo Turun Signifikan, Penyuluh KB Ahli Madya Apresiasi FKJ

Kepala Dinas PP & KB Kota Palopo, Farid Kasim Judas (FKJ) memberikan makanan tambahan balita di Kantor Kecamatan Wara Selatan. Rabu (2/12/2021).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Ahli Madya, Hasliah, S.Pt mengapresiasi langkah-langkah FKJ sapaan akrab Farid Kasim Judas saat menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Palopo khususnya dalam penurunan stunting.

Menurut Hasliah, FKJ mampu menekan angka stunting di Palopo secara signifikan dengan melakukan intervensi secara masif melakukan pemberian makanan tambahan secara rutin dengan strategi konvergensi seluruh stakeholder termasuk TNI Polri.

“Berdasarkan data EPPGBM, stunting di Palopo menurun secara signifikan dari 357 kasus turun menjadi 344 kasus dan data terakhir kini tersisa 228 kasus,” kata Hasliah kepada media. Minggu 19 November 2023.

Salah satu yang juga berhasil dilakukan ialah capaian akseptor peringkat pertama di Sulsel tahun 2020 lalu.

“Capaian akseptor ini ada hubungannya dengan pencegahan stunting. Erat kaitannya. Dengan ber KB, akan menekan potensi hadirnya stunting.

Tak hanya itu, Hasliah juga mengapresiasi langkah FKJ pada capaian pelayanan kontrasepsi KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Palopo.

Lebih lanjut Hasliah menjelaskan, pemakaian KB MKJP yang selau di galakan FKJ kepada akseptor memiliki beberapa kelebihan dari berbagai sisi baik itu dari sisi program penyelenggaraannya maupun dari sisi pengguna itu sendiri.

“Di antaranya adalah dapat mempercepat penurunan angka kelahiran serta dalam pemakaiannya efektif dan aman dalam jangka waktu yang lama,” jelas Hasliah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here