Peringatan Hari Lahir Pancasila, Indah Putri: Penyemangat Mengawal NKRI

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar upacara di lapangan upacara kantor Bupati Luwu Utara, Sabtu (1/6/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar upacara di lapangan upacara kantor Bupati Luwu Utara, Sabtu (1/6/2024).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Masamba, Justiar Ronal.

Justiar Ronal mengatakan pada momentum yang sangat bersejarah ini, mengajak kepada seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Lanjut, Justiar Ronal menyebut bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya.

“Selain itu, kita juga perlu mengamalkan keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter Pancasila. Mari bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang juga hadir dalam kegiatan itu menyampaikan, momentum peringatan hari lahir Pancasila ini harus menjadi penyemangat bagi semua pihak dalam menjaga dan mengawal NKRI dalam menghadapi berbagai tantangan kedepan.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” kata Indah Putri.

“Melalui momen ini, mudah-mudahan kita semua bisa duduk dengan penuh cinta dan berdiri dengan penuh semangat, untuk mengawal NKRI, karena tugas besar dan tantangan yang tidak ringan sedang menanti kita semua. Nah untuk menghadapinya, butuh kebersamaan, butuh kekompakan dan kecintaan kita terhadap NKRI. Selamat hari lahir pancasila semuanya,” sambung bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Dengan mengangkat tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 lanjut Indah, momen ini juga diharapkan mampu menyatukan seluruh warga Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here