Peringati Hari Bela Negara, Basmin Mattayang Harap Luwu jadi Barometer Pelayanan Kepada Masyarakat

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd bertindak selaku inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional, Selasa (19/12/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional di halaman Kantor Bupati Luwu, Selasa (19/12/2023).

Upacara dengan mengangkat tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju” diikuti oleh unsur TNI-Polri, para Camat, Lurah, Kepala Desa serta ASN dan Non ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu. Dihadiri pula oleh unsur forkopimda dan Kepala OPD.

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd bertindak selaku inspektur upacara menyampaikan, Hari Bela Negara ini harus dijadikan momentum bagi seluruh peserta upacara untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan.

“Terkait Hari Bela Negara dan Kesadaran Nasional, mari kita sebagai ASN, sebagai abdi negara, laksanakan tugas kita dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata H Basmin Mattayang.

Bupati berharap, Kabupaten Luwu ini menjadi barometer dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga dibutuhkan kolaborasi seluruh elemen pemerintah, forkopimda dan stakeholder lainnya.

“Selain itu, internal kita sesama ASN dalam lingkup pemerintah daerah, saya minta kebersamaan itu di pelihara dan dipererat karena ini adalah tanggungjawab kita, tanggungjawab untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Tantangan ke depan semakin tidak terduga, bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar H Basmin Mattayang.

Usai Upacara, Bupati Luwu menyerahkan penghargaan kepada Kapolres Luwu, AKBP Arisandi selaku Koordinator Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka tahun 2023.

Penghargaan diberikan pula kepada para pelatih Paskibraka 2023, diantaranya adalah AKP. Mahrus Ibrahum, Aipda Erwin Setiawan Bahtiar, Aipda Rudi Salam, Bripda Riana Handayani Azis. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 11 = 19