Peringati Sumpah Pemuda, Pemkot Palopo bersama Forkopimda Upacara di Lapangan Pancasila

emerintah Kota Palopo, bersama Forkopimda Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa" di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Jum'at (28/10/2022).

LINISULSEL.COM,PALOPO – Pemerintah Kota Palopo, bersama Forkopimda Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Jum’at (28/10/2022).

Momentum nasional hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun untuk mengenang kembali peristiwa Kongres Pemuda tanggal 27-28 Oktober 1928, yang menghasilkan putusan Sumpah Pemuda. Upacara Sumpah Pemuda berlangsung khidmat tatkala pembacaan teks pemuda, pembacaan pembukaan undang-undang 1945 dan pembacaan teks keputusan kongres pemuda-pemuda Indonesia dibacakan dalam upacara tersebut.

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang disampaikan kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Kav Suparman 1403/Palopo, selaku Inspektur upacara menyampaikan, peringatan hari sumpah pemuda ke-94 tahun 2022 ialah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan, untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yanh besar.

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran dalam menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan yang mengantarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada mada yang akn datang, mandat pemuda saat ini ialah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan demi menggapai kejayaan Indonesia, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dan mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang pungung untuk kejayaan Indonesia sepanjang masa,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here