Pimpin Upacara Hardiknas, Pj Walikota Palopo Semarakkan Gerakan Merdeka Belajar

Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si., memimpin upacara bendera dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, Kamis (2/5/2024).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si., memimpin upacara bendera dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” ini, digelar di lapangan Pancasila, Kamis (2/5/2024).

Dalam amanatnya, Asrul Sani, mengatakan, lima tahun terkahir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan menjadi pemimpin dan gerakan merdeka belajar.

“Hal itu menyadarkan kita tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki, untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” kata Asrul Sani.

Asrul menambahkan, bukan hal yang mudah dan tugas sederhana untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar pada awal pembelajaran.

“Kita sadar bahwa membuat perubahan untuk perjuangan, tentu ada rasa tidak nyaman menuju perbaikan dan kemajuan,” katanya.

Kemudian, kata Asrul, ketika langkah sudah mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni, pandemi.

“Dampak yang ditimbulkan, sangat mengubah proses belajar mengajar. Bahkan, cara hidup kita semua berubah secara drastis,” jelasnya.

Meski demikian, lanjut Asrul, pandemi memberi kesempatan mengakselerasi perubahan di tengah-tengah kita.

“Kita bangkit dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan kembali menjadi jauh lebih kuat,” ujarnya.

“Ombak kencang sudah kita lewati bersama. Kini, kita merasakan perubahan, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak,” tambahnya lagi.

Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia, jelas Asrul, sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru,” katanya lagi.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutup Asrul.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Forkopimda Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah, kepala sekolah se-Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here