Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel Hadiri Paripurna Hari Jadi Kota Palopo ke-22

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri rapat Paripurna DPRD Palopo dalam rangka Hari Jadi ke-22 tahun Kota Palopo, Senin (29/4/2024).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri rapat Paripurna DPRD Palopo dalam rangka Hari Jadi ke-22 tahun Kota Palopo, Senin (29/4/2024).

Paripurna Hari Jadi Kota Palopo mengangkat tema “Palopo Berdaya Saing Global” ini, dipimpin Ketua DPRD Palopo Dr. Hj. Nurhaeni, didampingi Wakil Ketua Abdul Salam dan Irvan, ST.

Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, dalam sambutannya mengucapkan ucapan selamat Hari Jadi ke-22 tahun kepada Kota Palopo.

“Saat ini Kota Palopo menjadi kota yang maju dengan perkembangan yang luar biasa signifikan, mampu bersaing di usia yang ke 22 tahun,” kata Bahtiar Baharuddin.

Kota Palopo, kata Bahtiar, turut memberi berkontribusi positif untuk kemajuan daerah, khususnya di Sulawesi Selatan.

“Sinergitas dan kolaborasi untuk kemajuan bersama, menjadikan kesempatan baik untuk membangun daerah kita bersama-sama,” katanya.

“Kolaborasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah harus terjaga, sehingga bisa bersama-sama menyambut perubahan dan perkembangan,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, S.I.K., M.H, yang hadir pada paripurna tersebut berharap Kota Palopo menjadi kota yang maju dan berkontribusi untuk Sulsel.

“Sesuai dengan tema yang diangkat “Palopo Berdaya Saing Global”, ini dapat dimaknai sebagai kesiapan masyarakat untuk bersama merangkai harmoni menyongsong persaingan global,” kata Andi Rian.

Kota Palopo, kata Andi Rian, diharapkan berkontribusi pada kemajuan daerah yang tentu merupakan tantangan baru untuk pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan.

Terkait pemanasan global, Andi Rian juga menyampaikan, jika saat ini di seluruh dunia termasuk Indonesia curah hujan dan kondisi iklim yang tidak menentu.

“Ini tentu memiliki dampak, seperti timbulnya bencana banjir beberapa waktu yang lalu di sejumlah wilayah,” katanya.

Sementara itu Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M. Si dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada Pj. Gubernur dan Kapolda yang telah datang.

“Terima kasih atas perhatian kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Momentum peringatan Hari Jadi Kota Palopo kali ini memiliki makna tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kota Palopo, khususnya bagi saya selaku Pj. Wali Kota,” kata Asrul Sani.

Pada kesempatan ini, Asrul Sani, kepada Pj. Gubernur melaporkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan demi memeriahkan Hari Jadi Kota Palopo.

Sejumlah kegiatan itu diantaranya Palopo Fruit Fiesta di Kampung Wisata Kambo, Ramadhan Fest, Festival Anak Saleh, kejurnas One Prix putaran I.

“Ada juga lomba sepeda gunung Enduro Wali Kota Cup 2024, FHGD Tematik dan survey Jenema atau branding Kota Palopo,” katanya.

“Selain itu, ada juga lomba olah raga tradisional antar perangkat daerah, rangkaian acara adat Mappacekke Wanua, dzikir dan doa bersama, pasar murah, pasar rakyat, pentas seni dan musik,” jelasnya.

Lebih jauh, Asrul juga menyampaikan dilaksanakannya serangkaian kegiatan yang mencerminkan karakter Kota Palopo. “Sebagaimana ungkapan bijak, Patuppui ri ade’e Pasanre’ ri sara’e,” ungkapnya.

Asrul menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Palopo, pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat.

“Juga kepada semua pihak yang telah turut dan bersama memberi sumbangsih dan dedikasi dalam kemajuan Kota Palopo,” tutupnya.

Pada paripurna ini juga di rangkaian dengan penyerahan 2.500 bibit nangka, 5.000 bibit cabai, 1.500 bibit durian dari Pemkot Sulsel kepada Pemkot Palopo.

Selain itu, penyerahan bantuan rumah ikan 13 lokasi, asuransi nelayan 400 orang, dan bantuan 100 rumah tangga miskin untuk pengentasan kemiskinan sejumlah 1 Miliar 350 juta, penyerahan bantuan CSR mobil tanggap bencana.

Turut hadir dalam paripurna ini, Direktur PT Bank Sulselbar, Kepala Dinas Tanaman Pangan Horti Kultura dan Perkebunan, Kelautan dan Perikanan Sulsel.

Unsur forkopimda provinsi, jajaran Polda Sulsel, Bupati Luwu Utara, Bupati Luwu Timur, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here