Pj Wali Kota Silaturahmi ke Perumda, Direktur TM Palopo Paparkan Inovasi Air Disuntik Resahpun Terobati

Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani (tengah) saat kunjungan sekaligus silaturahmi ke Perusahaan umum daerah (Perumda) Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo. Rabu (1/11/2023).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH, M.Si, melakukan kunjungan ke Perusahaan umum daerah (Perumda) Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo. Rabu, (1/11/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka bersilaturahmi bersama Direksi serta jajaran Perumda TM, sekaligus untuk mengetahui penanganan air bersih selama musim kemarau.

“Saya baru kurang lebih satu bulan di sini dan saya baru sempat berkunjung di sini karena kesibukan. Jadi sifatnya saya kesini itu untuk bersilaturahmi dan saya juga ingin mengetahui penanganan air bersih selama musim kemarau,” kata Asrul Sani saat memberikan sambutan.

Asrul Sani menambahkan, beberapa waktu lalu ia telah mendiskusikan terkait dengan kondisi debit air yang begitu berkurang hingga 20 persen akibat kekeringan atau dampak dari El Nino di mana hal ini akan mempengaruhi distribusi air ke masyarakat.

“Saya sudah perintahkan segera bentuk tim terpadu, libatkan OPD yang terkait, mulai dari BPBD, Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran dan juga pihak kepolisian. Dan saya sudah menunjuk pak asisten I untuk mengendalikan program ini. Dan alhamdulilah informasinya sudah melaksanakan rapat dan segera akan melakukan aksi di lapangan,” jelas Asrul Sani.

Asrul Sani berharap kiranya bukan hanya pelanggan yang dilayani, akan tetapi non pelanggan pun juga wajib dilayani. Karena ini bagian tugas dari pemerintah untuk melayani masyarakat, khususnya pelayanan air bersih.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda TM Kota Palopo, Ir. M. Tawakkal dalam pemaparannya mengatakan bahwa pihaknya telah menginformasikan ke RT/RW tentang penanganan air yang akan dilakukan oleh pihak Perumda TM di musim kemarau saat ini.

“Kami mempunyai suatu inovasi yang kami berikan nama INOVASI AIR DISUNTIK RESAHPUN TEROBATI. Dimana inovasi itulah sebagai bentuk layanan Perumda TM di musim kemarau. Dan kami sudah menyampaikan kepada masyarakat melalui RT/RW untuk menyiapkan wadah penampungan, agar masyarakat mendapatkan air bersih dengan cara distuntik,” ucap M. Tawakkal.

Dalam kesempatan itu, Asisten Manajer Manajemen Resiko Perumda TM Palopo, Wiwin Syamsuddin Toni mengatakan bahwa sudah dua tahun berturut-turut Perumda TM Palopo berada di urutan pertama dari seluruh PDAM yang ada di Sulawesi Selatan.

“Berkat dari kinerja kami selama ini, alhamdulilah kami dapat penghargaan selama direksi yang baru, dan itu ada empat penghargaan. Selain itu, berkat dari capaian kinerja kami juga, alhamdulilah PDAM Kota Palopo ini menjadi tempat tujuan studi tiru dari beberapa PDAM yang ada di Sulsel maupun diluar dari Sulsel,” jelas Wiwin.

Usai terlaksananya pemaparan terkait dengan penanganan air bersih selama musim kemarau, kegiatan ini dilanjutkan dengan peninjauan tempat penampungan air bersih oleh Pj Wali Kota Palopo yang didampingi oleh Direktur Utama Perumda TM, Ketua Dewan Pengawas, Direksi, Manajer dan Asisten Manager Perumda TM Palopo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here