PKM Universitas Hasanuddin Ciptakan Inovasi Mammuno Flies, Ini Manfaatnya

Mammuno Flies yang diciptakan PKM Unhas ini diketuai, Rivaldi Pratama dengan rekan tim Irjayanti, Indira Djiloi, Nurul Fitrayani, dan Muh. Afdal

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Hingga saat ini lalat hanya dianggap sebagai hama kecil yang jorok dan keberadaannya yang masih banyak.

Rupanya, selain bisa mengganggu kesehatan, lalat juga bisa menyebabkan kerugian dari berbagai sektor seperti peternak ayam petelur, pariwisata, peternakan sapi dan pedaging dan masih banyak lagi.

Lalat tak hanya mengganggu manusia dengan keberadaannya, tapi juga membahayakan karena bisa menjadi sarang penyakit, pembawa bakteri dan parasit penyebab diare dan infeksi mata.

Oleh karena itu mengatasi hama lalat ini menjadi salah satu peran dari pemuda Indonesia.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) salah satu tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan memberikan inovasi baru untuk mengatasi permasalahan tersebut yang diberi nama Mammuno Flies.

Mammuno Flie, Inovasi PKM Universitas Hasanuddin

Mammuno Flies yang diciptakan PKM Unhas ini diketuai, Rivaldi Pratama dengan rekan tim Irjayanti, Indira Djiloi, Nurul Fitrayani, dan Muh. Afdal

Rivaldi Pratama mengatakan, Mammuno Flies menjadi solusi setelah diskusi yang kami lakukan bersama ibu Dr. Syahribulan, M.Si selaku pendamping.

“Dengan memanfaatkan limbah lingkungan kami memformulasikan Mammuno Flies untuk dijadikan sebagai produk yang unggul dengan berbagai kelebihan,” katanya.

Rivaldi Pratama menambahkan, Mammuno Flies batch pertama telah habis terjual setelah beberapa waktu telah diproduksi dan dipasarkan.

“Setelah melalui diskusi panjang dengan dosen yang ahli pada bidangnya, kami telah mengembangkan formula Mammuno Flies dengan menghadirkan keunggulan baru yang berbeda dengan produk lainnya,” tambahnya.

Rivaldi Pratama menjelaskan, pengembangan formula yaitu, penerapan teknologi Advanced Controlled Release.

“Jadi spray yang di aplikasikan akan mengering dan meninggalkan film tipis yang mengandung bahan aktif dan akan dilepaskan secara perlahan sehingga dapat bertahan lama dan sifatnya antiredeposisi,” jelasnya.

Nah, dari keunggulan ini Mammuno Flies hadir lebih depan dibanding produk lain sehingga sangat efisien untuk digunakan.

“Tim kami akan terus mengembangkan produk ini agar bisa menjadi solusi efektif bagi lingkungan dan sekitar,” harapnya

So, ikutin terus Mammuno Flies bersama kami tim Kampus Merah dari Timur. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here