Program Pengabdian Masyarakat, FEB Unhas Pelatihan BUDIKDAMBER di SDN Pannyangkalang Gowa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) gelar kegiatan pengabdian masyarakat menghiasi SDN Pannyangkalang di Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kamis 14 Desember 2023

LINISULSEL.COM, GOWA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) terus memperkuat peran strategisnya dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat.

Dengan mengangkat tema “Pelatihan BUDIKDAMBER: Keberlanjutan Usaha melalui Digital Marketing dan Manajemen Keuangan,” FEB Unhas mengarahkan fokusnya pada peningkatan kapasitas guru di SDN Pannyangkalang.

Kegiatan pengabdian masyarakat menghiasi SDN Pannyangkalang di Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kamis 14 Desember 2023,

Acara ini merupakan salah satu bagian integral dari komitmen pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai salah satu kewajiban yang diemban oleh seluruh civitas academia, kegiatan ini dijalankan secara bersama-sama dengan dharma penelitian dan pengajaran.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, terdapat tiga pembicara yang memberikan sambutannya. Dalam sambutan pembukaan, Ibu Nurlaela, yang merangkap sebagai ketua komite dan ketua komunitas (APAKABAJI) di SDN Pannyangkalang, turut membuka secara resmi kegiatan ini, serta menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim dari FEB Unhas.

Selanjutnya Ibu Nurqalbi, S.Pd., M.Pd, kepala SDN Pannyangkalang juga turut memberikan respon yang positif atas dilakukannya kegiatan ini untuk menambah pengetahuan para guru, terutama untuk digital marketing yang diharapkan sebagai salah satu langkah menuju wirausaha baru sesuai dengan program kewirausahaan sekolah.

Kemudian sebagai ketua pelaksana kegiatan, Dr. Wahda, SE.,M.Pd.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada SDN Pannyangkalang yang telah menerima kedatangan dari para dosen dan mahasiswa dari Unhas pada kegiatan ini.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk para guru di sekolah ini, tetapi juga untuk kami semua. Karena ini juga merupakan hal yang baru untuk kami, terutama untuk budikdamber, yang pertama untuk kami di Fakultas Ekonomi Unhas,” jelas Dr. Wahda.

Lebih lanjut Dr. Wahda mengatakan khusus untuk budikdamber ini telah diundang seorang fasilitator yang akan memberikan pembekalan materi terlebih dahulu, kemudian mendemonstrasikan praktik langsung terkait budidaya ini.

Setelah serangkaian sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Rendiasya, S.Pi turut hadir sebagai narasumber yang mempresentasikan materi mengenai budikdamber.

Budikdamber atau Budidaya Ikan Dalam Ember merupakan proses budidaya ikan dan sayuran di dalam satu wadah, yaitu ember. Keunggulan budikdamber ini adalah modal yang dibutuhkan relatif sedikit, mengefisienkan penggunaan lahan, dimana budikdamber ini bisa menggunakan lahan yang sempit, serta pengontrolan ikan dan sayuran lebih mudah.

“Maksud diadakannya kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan keterampilan maupun kemampuan guru SDN Pannyangkalang dalam pelatihan budikdamber. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan lahan atau pekarangan sekolah/rumah, serta untuk mengetahui cara budikdamber dengan baik,” jelas Rendiasya.

Beberapa teknik budikdamber yakni persiapan awal (menyiapkan seluruh alat dan bahan), persiapan air yang telah diendapkan untuk budidaya, penebaran ikan dan penanaman sayuran, pemeliharaan ikan dan sayuran, serta pemanenan ikan dan sayuran.

Usai praktik budikdamber tersebut, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Integritas Digital Marketing yang dibawakan oleh Dr. Asti Almaida, S.E.,M.Si.

Digital marketing adalah suatu kegiatan melakukan promosi brand atau produk melalui media digital. Jenis pemaran ini dinilai lebih efektif karena bisa dijalankan dari rumah dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal.

“Konsep digital marketing ini menjadi penting karena dianggap bahwa digital marketing itu merupakan cara yang paling efektif bagi semua jenis usaha. Jadi kita tidak perlu perusahaan yang besar untuk melakukan digital marketing, tetapi bisa juga untuk Perusahaan kecil, UMKM, UKM,” jelas Dr. Asti.

Promosi harus dibarengi inovasi produk dengan cara melakukan branding, meningkatkan kualitas produk, pengemasan, pelabelan dan logo, serta layanan dukungan produk agar pasar tidak jenuh.

Setelah pemaran materi, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan diskusi bersama. dimana para guru SDN Pannyangkalang terlibat aktif dalam pertukaran gagasan dan pandangan terkait materi yang telah disampaikan.

Diskusi ini menjadi platform untuk mendalami pemahaman, menjawab pertanyaan, serta merinci aspek-aspek yang memerlukan klasifikasi.

Interaksi antar guru dan para dosen menjadikan momen ini sangat berharga dalam memperkuat kolaborasi dan saling berbagi pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman kolektif terhadap topik yang dibahas.

Acara berlanjut dengan pemaparan materi terakhir yang disampaikan oleh Khusnul Khatimah Febrianty, sebagai perwakilan mahasiwa FEB Unhas yang mengupas tuntas topik mengenai pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan sederhana.

Dalam paparannya, ia memberikan wawasan mendalam mengenai konsep dasar pengelolaan dan pencatatan keuangan, kesalahan dalam mengatur keuangan, sampai pada prosedur dalam melakukan pembukuan sederhana namun informatif.

“Ketika Perusahaan tidak mengelola keuangannya dengan baik, maka mereka bisa saja bangkrut. Nah ini bisa menjadi cerminan untuk kita Ketika mengelola sebuah bisnis, bahwa kita harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik,” jelas Khusnul.

Para peserta, termasuk guru SDN Pannyangkalang mendapatkan wawasan yang berharga untuk diterapkan dalam konteks manajemen keuangan sehari-hari. Pemaparan ini menjadi penutup yang informatif dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman mengenai manajemen keuangan di lingkungan sekolah dan komunitas.

Dengan penyerahan plakat sebagai tanda penghargaan atas Kerjasama yang erat dan dedikasi dalam kegiatan pengabdian Masyarakat di SDN Pannyangkalang, kegiatan ini resmi berakhir.

Kepala SDN Pannyangkalang menerima plakat sebagai symbol apresiasi atas partisipasi serta kolaborasi yang telah memperkaya pengalaman bersama.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan kegiatan ini, dan semoga semangat berbagi ini terus membawa manfaat positif dalam komunitas SDN Pannyangkalang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here