Puteri Indonesia Sulsel Adila Amalia Irvan Hadiri Puncak Perayaan Pekan Budaya Tana Luwu 2022

Puteri Indonesia Sulsel, Adila Amalia Irvan (kanan) foto bersama Sri Paduka Datu Luwu ke-40, H. Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, SH (tengah) dan Permaisuri (kiri), Minggu (23/1/2022)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Puteri Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022, Adila Amalia Irvan menghadiri puncak perayaan Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) 2022 di Istana Kedatuan Luwu, Kota Palopo, Minggu (23/1/2022) malam.

Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke 754 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke 76.

PBTL berlangsung selama sepekan, resmi dibuka, Senin (17/1/2022) hingga puncak pelaksanaan Minggu (23/1/2022) kemarin malam.

Puncak perayaan dimeriahkan dengan peringatan hari perlawanan rakyat Luwu dan ditutup dengan rangkaian kegiatan pentas musik tradisional, kontemporer, drama pertempuran 23 Januari serta mattoana atau jamuan makan malam secara adat.

“Mattoana atau jamuan makan malam secara adat berarti menyuguhkan makanan kepada hadirin sebagai bentuk penghormatan terdahulu,” kata Adila sapaannya kepada Linisulsel.com, Senin (24/1/2022).

Ia menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini untuk melestarikan adat budaya Kedatuan Luwu.

“Kita bersama-sama kembali bersatu seluruh Wija To Luwu untuk menumbuhkan, memelihara menjaga dan sekaligus melestarikan adat dan budaya Kedatuan Luwu,” ujarnya

Lanjut Adila, mengatakan bahwa dirinya bersyukur karena masih dipercayakan untuk turut andil pada kegiatan PBTL dalam memperingati 23 Januari Hari Perlawanan Rakyat Luwu serta mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan besar masyarakat Tana Luwu dan berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutinitas tahunan.

“Semoga PBTL ini menjadi kegiatan tahunan agar budaya di Tana Luwu yang kita miliki lebih dikenal dan diingat orang lain,” harapnya

“PBTL ini juga menjadi ajang silaturrahmi untuk mempererat hubungan tidak hanya sesama Wija To Luwu tapi juga antar kerajaan-kerajaan di Nusantara pada khususnya dan Kerajaan mancanegara pada umumnya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

52 − 44 =