Raih Adipura yang Ke-9, Kadis LH Palopo: Kebersamaan Pemerintah dan Masyarakat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam. (foto.ist)

LINISULSEL.COM, JAKARTA – Berkat Kebersamaan dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan sukses meraih Piala Adipura Tahun 2023 dengan kategori Kota sedang. Ini merupakan penghargaan yang kesembilan (9) kalinya.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Emil Nugraha Salam usai mendampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani menerima piala Adipura diberikan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong, Selasa (5/3/2024).

Pemberian Penghargaan Adipura Tahun 2023 bertepatan dengan rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

Adipura merupakan agenda nasional, instrumen kebijakan yakni program yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986. Adipura merupakan penghargaan kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan untuk tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten kota.

Lebih lanjut, Emil Nugraha Salam mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, teman-teman OPD dan jajarannya, serta seluruh stakeholders yang telah berpartisipasi sehingga kembali meraih dan mempertahankan Adipura yang kesembilan.

Emil Nugraha Salam berharap penghargaan ini bisa tetap dipertahankan sehingga bisa menjadi hal yang baik di masyarakat

“Sekali lagi terima kasih banyak kepada seluruh yang telah terlibat dan berpartisipasi dalam pengelolaan dan menjaga lingkungan di Kota Palopo,” terang Emil Nugraha Salam.

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, menyampaikan kebanggaannya atas raihan piala Adipura kali ini.

“Secara pribadi saya ucapkan selamat kepada semua masyarakat Kota Palopo atas capaian ini,” kata Asrul Sani.

Asrul menambahkan, capaian Adipura yang kesembilan kalinya ini bukanlah hal yang mudah dan harus terus dipertahankan.

“Ini menjadi harapan kita semua, mempertahankan prestasi ini. Kita harus menjaga lingkungan kota, dan kebersihan kota ini,” jelasnya.

“Harapan saya targetnya bisa meraih yang lebih tinggi lagi, dengan harapan penghargaan ini dapat dipertahankan,” tutupnya.

Untuk diketahui, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, ada 259 kabupaten/kota yang mendapatkan nilai 50,03% dengan rincian peraih sebagai berikut:
– Adipura kencana: 5 walikota/bupati
– Piala Adipura: 106 walikota/bupati
– Plakat Adipura: 6 walikota/bupati
– Sertifikat Adipura : 51 Walikota/Bupati

-Total : 168 kab/kota penerima penghargaan Adipura 2023. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here