RSUD Sawerigading Palopo Sosialisasi Layanan Unggulan Pelayanan Cahtlab di 12 Puskesmas

dr spesialis Jantung dan Pembuluh, dr. Purwati Pole Rio, Sp.JP.,FIHA didampingi Direktur Administrasi Keuangan dan Bina Program RSUD Sawerigading Palopo, Hj. Harmawati, SKM, M.Kes menggelar sosialisasi layanan unggulan di 12 Puskesmas yang ada di Kota Palopo, Rabu 17 Januari 2024.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD Sawerigading Kota Palopo menggelar sosialisasi layanan unggulan di 12 Puskesmas yang ada di Kota Palopo, Rabu 17 Januari 2024.

Salah satu layanan unggulan RSUD Sawerigading Palopo yang di sosialisasikan yaitu pelayanan cahtlab

Sosialisasi tersebut di hadiri langsung Direktur Administrasi Keuangan dan Bina Program RSUD Sawerigading Palopo, Hj. Harmawati, SKM, M.Kes mendampingi dr spesialis Jantung dan Pembuluh, dr. Purwati Pole Rio, Sp.JP.,FIHA dan dr spesialis Jantung dr. Dervin Ariansyah, Sp.Jp, FIHA.

Adapun sosialisasi pelayanan cahtlab di 12 Puskesmas antara lain, Puskesmas Wara, Wara Utara, Mungkajang, Sendana, Wara barat, Padang Lambe, Benteng, Pontap, Maroangin, Bara Permai, Wara Utara kota dan Wara selatan.

Direktur Keuangan, Adminstrasi dan Bina Program RSUD Sawerigading Palopo, Hj. Harmawati, SKM, M.Kes saat dikonfirmasi mengatakan berbagai layanan unggulan yang di sosialisasikan ke Puskesmas tersebut. Salah satunya adalah layanan Cahtlab

“Layanan chatlab atau kateterisasi jantung adalah suatu pelayanan yang di lakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan Diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan Intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda,” jelas Hj. Harmawati kepada Linisulsel.com, via WhatsApp (WA) Rabu (18/1/2024).

Lanjut Hj. Harmawati, tindakan cath lab antara lain, pertama Diagnostic Coronary Angiography (DCA) adalah proses diagnostic penyakit jantung koroner, kedua Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) Stent adalah prosedur non-bedah dengan invasi minimal yang digunakan untuk membuka pembuluh darah yang menyempit, ketiga Temporary Pace Maker (TPM) adalah Pemasangan pacu jantung yang bersifat sementara pada pasien dengan irama jantung lambat.

“Keempat, Percutaneous Transvenous Mitral Commisurotomy (PTMC/ BMV/ ASO/ AMVO/ LAA Closure) adalah tindakan untuk memperbaiki kelainan pada katup mitral. Kateterisasi Jantung (Penyadapan),” jelas Hj. Harmawati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here