Sekda Dukung Penerapan Aplikasi “Sipemandu” DPMPTSP Luwu

Sekretaris Daerah, Drs. H. Sulaiman, MM memberikan apresiasi dan respon positif terhadap hadirnya aplikasi Sipemandu.

LINISULSEL.COM, LUWU – Dalam mendukung upaya terwujudnya keterbukaan informasi publik terhadap informasi penyelenggaraan bangunan gedung, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Luwu menghadirkan sebuah inovasi berupa aplikasi yang diberi nama Sipemandu (Sistem Informasi Pemetaan dan Pemantauan Bangunan Gedung).

Inovasi ini di Gagas oleh Azis Ramli, SE yang menjabat Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan DPMPTSP. Launching Aplikasi Sipemandu dilaksanakan diruang rapat Sekretaris Daerah, kompleks perkantoran Bupati Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Selasa (22/8/2023).

Dihadapan Sekda, Azis Ramli menjelaskan, Sipemandu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan pengguna layanan publik melihat dan mendapatkan (tracking) informasi terkait detail sebaran bangunan gedung yang telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah daerah Kabupaten Luwu.

“Alhamdulillah, Launching ini untuk memperkenal aplikasi Sipemandu pada Dinas PMPTSP. Aplikasi ini akan menampilkan basis data secara digital informasi bangunan gedung yang telah terlegalisasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu dimana sebelum adanya aplikasi ini, data tersebut belum terpantau secara maksimal sehingga akan menjadi sebuah langkah maju untuk mewujudkan tersedianya data dan informasi bangunan gedung yang valid, akurat dan akuntabel,” jelas Azis Ramli.

Menanggapi hadirnya inovasi Sipemandu, Sekretaris Daerah, Drs. H. Sulaiman, MM memberikan apresiasi dan respon positif terhadap hadirnya aplikasi Sipemandu.

“Tentunya setiap inovasi yang hadir kita apresiasi karena bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada Masyarakat. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat dan pemerintah daerah sendiri khususnya data bangunan yang telah legal dan teregister yang pada akhirnya akan menunjang peningkatan PAD Kabupaten Luwu pada sektor pajak bangunan,” kata H Sulaiman.

H Sulaiman berpesan, agar pengelolaan data melalui aplikasi ini dapat terus berjalan secara berkelanjutan sehingga proses monitoring terhadap penyelenggaraan bangunan gedung oleh pemerintah daerah berjalan dengan baik dan terkoordinasi dengan perangkat daerah teknis yang terkait.

Senada dengan Sekda Luwu, Kepala Dinas PMPTSP, Drs,Andi Baso Tenriesa, MPA., M.Si sangat mendukung Inovasi Sipemandu. Dirinya berharap aplikasi ini dapat berpengaruh positif untuk meningkatkan kinerja organisasi pada instansi yang dipimpinnya serta dapat memberikan manfaat kepada pengguna layanan publik lainnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here