Sekda H Firmanza Apresiasi Usulan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., SH., M.Si (tengah) menghadiri Usulan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo. Selasa 12 Desember 2023

LINISULSEL.COM, PALOPO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP., SH., M.Si mewakili Pj Wali Kota Palopo menghadiri Usulan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo yang di laksanakan di ruang serbaguna Lt.3 Kampus 2 Universitas Mega Buana Palopo, Selasa 12 Desember 2023

Universitas Mega Buana Palopo telah melakukan sejumlah tahapan terakhir yakni Evaluasi Lapangan Usul Pembukaan PS Kedokteran, Program Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Dokter untuk mengantongi ijin operasional.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan dari pagi sampai sore hari mendapatkan sejumlah rekomendasi, berupa penajaman kurikulum serta penataan sarana prasarana, yang merupakan perbaikan minor.

Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawaty Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA dalam sambutannya menyampaikan tentang perjalanan UMB Palopo dimana hingga saat ini mengusul untuk pembukaan Fakultas Kedokteran yang dimulai dari bimbingan belajar kemudian menjadi sekolah tinggi lalu bertransformasi menjadi Universitas dengan membina 4 Fakultas diantaranya Fakultas Kesehatan,Fakultas Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Komputer. Dan saat ini mengusul membuka Fakultas Kedokteran.

‘Dalam perjalanannya UMB Palopo juga telah melakukan alih kelola sejumlah perguruan tinggi yakni dua perguruan tinggi menyatu kedalam Universitas Mega Buana Palopo dan 3 Perguruan Tinggi berdiri sendiri yang sepenuhnya dikelola oleh yayasan pendidikan mega Buana Palopo yakni Akbid Mega Buana Sinjai, Akbid Mega Buana Palu dan Sekolah Tinggi ILmu Maritim Mega Buana di Kota Mamuju, Sulbar,” ungkap Rektor UMB Palopo.

Lanjutnya, selain itu UMB Palopo tengah membangun 4 kampus dalam wilayah di Kota Palopo, dimana 2 kampus telah rampung dikerjakan yakni kampus 2 yang dikhususkan untuk Fakultas Kedokteran.

“Terkait rencana pembukaan program studi Kedokteran di UMB Palopo ini diungkapkan pihaknya telah berupaya maksimal untuk dibukanya dua Program Studi yakni S1 Kedokteran dan Profesi Dokter, selain sebagai kado ke 14 tahun UMB Palopo,ini juga merupakan kebutuhan masyarakat dan dunia kesehatan khususnya di wilayah Indonesia Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Palopo menyampaikan, dengan adanya keberadaan universitas mega buana ini. Sebagai pemerintah sangat siap untuk menjadikan Kota Palopo ini Sebagai kota tujuan pendidikan maupun kota tujuan pada pelayanan kesehatan.

“Pemerintah Kota Palopo sangat mengapresiasi dari pada usul atau rencana UMB untuk membuka fakultas kedokteran maupun profesi dokter di Kota Palopo. Dan kepada pemerintah Kota Palopo serta bagi masyarakat Kota Palopo dan meneguhkan Kota Palopo sebagai kota jasa yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan,” jelas H Firmanza.

Turut dihadiri Ditjen Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Direktorat Kelembagaan Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D, Pihak LAM-PTKes, Insan Sosiawan A. Tunru, Ph.D, Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dr. Mariatul Fadilah, MARS.,Ph.D, Wakil Ketua AIPKI Wilayah 6, Dr. dr. H. Nasruddin Andi, Mappaware, Sp.OG (K).,MARS.,M.Sc, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. dr. Amir Syafruddin, M.Med.Ed, Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An., KIC.,MARS, dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dr. Liliyana Sugiharto, MS, PA(K) dan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Dany Hilmanto, dr.,Sp.AK.

Selain tim tersebut,Tim Fakultas Kedokteran yang merupakan pembina dari rencana pembukaan Fakultas Kedokteran juga hadir yakni Dekan, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK,Ketua IDI Palopo, dr. Abdul Syukur Kuddus, Sp.B.,FINACS, sejumlah Direktur rumah sakit, serta tamu dan undangan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 2 =