Sekda Palopo Hadiri Peringatan HLUN, dr Nasaruddin Nawir Sebut Harapan Hidup Usia Lanjut Sangat Tinggi

Sekretaris Daerah Palopo, Drs. H. Firmanza pemotongan tumpeng bersama Plt. Kadis Kesehatan Kota Palopo, dr. H. Nasaruddin Nawir (kanan)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Sekretaris Daerah Palopo, Drs. H. Firmanza. DP, SH., M.Si mewakili Walikota Palopo menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 Tahun 2023 di Halaman Kantor Camat Wara Timur Kota Palopo. Selasa 6 Juni 2023.

Laporan Camat Wara Timur, Drs. Ruslan, M.Si menyampaikan Peringatan hari lansia untuk tingkat Kecamatan Wara Timur pertama kali dimulai. Semoga peringatan ini diharapkan kedepannya tetap akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional sebenarnya jatuh pada tanggal 29 Mei, namun karena beberapa kondisi di Kota Palopo baru dilaksanakan pada hari ini.

Kegiatan dapat dilaksanakan dengan adanya kolaborasi Pemerintah Kecamatan Wara Timur dengan Puskesmas Benteng dan Puskesmas Pontap dan tentunya sudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi para bapak/ibu lansia.

Sambutan Plt. Kadis Kesehatan Kota Palopo, dr. H. Nasaruddin Nawir, Sp.,OG (K)., MARS menyampaikan Tema Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional kali ini adalah “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”. Alasan diperingati hari ini karena angka harapan hidup usia lanjut sangat tinggi yaitu berkisar 75th sampai 77th.

Ini merupakan aset bangsa Indonesia Diharapkan para lansia bukan merupakan beban hidup keluarganya, tetapi tetap produktif. Ada 3 Kategori Lansia, yaitu Lansia Muda berkisar usia 50-59 tahun, Lansia Madya berkisar usia 60-69 tahun, Lansia Tua usia diatas 70 tahun.

Dari segi kesehatan lanjut usia memang sudah mengalami perlambatan regenerasi sel, sehingga sudah normal apabila berjalan agak lambat bahkan pikun. Ada 3 hal wajib yang dilaksanakan oleh lansia, yaitu tetap melaksanakan aktivitas olahraga ringan, menjaga gizi seimbang, dan tetap melakukan madical check up. Pesan saya kepada para lansia untuk tetap selalu bahagia serta menjaga silaturahmi.

Sambutan Walikota Palopo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza. DP, SH., M.Si menyampaikan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional merupakan wujud apresiasi dan penghargaan atas semangat dan pengorbanan jiwa dan raga mereka dalam perjuangan merebut kemerdekaan, mempertahankan serta memajukan Negara Republik Indonesia.

Marilah kita mendekatkan diri kepada mereka, dengarkan keluh kesahnya, beri perhatian serta tunjukkan kasih sayang yang tulus kepada mereka. Mereka adalah bagian penting dalam hidup kita, dan apabila kita juga diberi kesempatan hidup, kita juga akan menjadi bagian dari lansia ini.

Atas nama Pemerintah Kota Palopo menyampaikan kepada seluruh warga lansia Kota Palopo dimanapun berada mengucapkan Selamat atas Perungatan Hari Lanjut Usia Nasional, semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa melindungi, memberi kekuatan, keselamatan dan kebahagiaan. Semoga jasa dan amal baik yang diberikan selama ini menjadi amal jariyah dan mendapat balasan pahala yang berlipat ganda.

Turut hadir Kepala Puskesmas se-Kota Palopo, Ketua Tim Penggerak PKK se-Kelurahan Kec. Wara Timur, Lurah se Kecamatan Wara Timur, Bapak/Ibu Lansia se-Kecamatan Wara Timur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here