Sekda Palopo Minta Semua Pihak Dukung Implemantasi Penyelengaraan Statistik Sektoral

Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs.Firmanza DP. SH. M.Si.,mewakili Walikota Palopo menghadiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral di kantor BPS Kota Palopo, Jumat (25/11/2022).

LINSISULSEL.COM,PALOPO – Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs.Firmanza DP. SH. M.Si.,mewakili Walikota Palopo menghadiri Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral di kantor BPS Kota Palopo, Jumat (25/11/2022).

Kepala Badan Pusat Statistik,Muhammad Rismat mengatakan berdasarkan Undang-undang Nomor 16 tahun 1997, tentang statistik dan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019, tentang satu Data Indonesia, mengamanatkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina statistik sektoral dan pembina statistik data statistik.

Beberapa hal yang beliau sampaikan tentang BPS memandang perlu adanya evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh karena itu, BPS telah mengaturkan dalam peraturan badan Pusat Statistik nomor 3 tahun 2022 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Tujuan EPSS yaitu mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah, meningkatkan kualitas pelayanan Publik di bidang statistik pada instansi dan pemerintah daerah,”jelasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kota Palopo Drs.Firmanza DP. SH. M.Si, dalam arahannya meminta semua pihak untuk mendukung implemantasi evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral untuk kepentingan bersama.

“Kepada pihak yang terkait untuk betul-betul memperhatikan, karena kita dalam melaksanakan pembangunan, dan merencanakan pembangunan, dalam menilai atau mengukur bagaimana hasil dari pada pembangunan itu, tentunya kita membutuhkan data-data statistik yang akurat, dan yang bisa di pertanggung jawabkan,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

46 − 37 =