Serahkan Alsintan, Indah Putri: Rawat dengan Baik

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan alat dan mesin pertanian kegiatan pendampingan penggunaan sarana pendukung pertanian Tahun anggaran 2023 di aula Lagaligo kantor Bupati Luwu Utara, Senin (13/11/2023)

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan alat dan mesin pertanian kegiatan pendampingan penggunaan sarana pendukung pertanian Tahun anggaran 2023 di aula Lagaligo kantor Bupati Luwu Utara. Senin (13/11/2023)

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara Andi Zulkarnain dalam laporannya menyampaikan Sesuai dengan definisi dari mekanisme pertanian maka penggunaan alat mekanisme pertanian adalah untuk meningkatkan daya kerja manusia dalam proses produksi pertanian dan dalam setiap tahapan dari proses produksi tersebut selalu memerlukan alat mesin pertanian.

Andi Zul juga menyampaikan jenis dan alat yang diserahkan pada kali ini adalah traktor roda dua 12 unit, mesin pompa air 3 unit, hand sprayer 38 unit, mesin pasca panen kopi 24 unit, cultivator 3 unit dan Chains Shaw 17 unit .

“Selain penyerahan alat dan mesin pertanian juga dirangkaikan dengan penyerahan dana klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) Tahun anggaran 2022 secara simbolis kepada petani gagal panen dengan kerusakan di atas 75% sebanyak 15 kelompok tani, 107 petani dengan luas 41,42 Ha.

Sementara itu Bupati Luwu Utara dalam sambutannya menyampaikan cukup banyak alsintan yang kita bagikan pada hari ini meskipun kita tahu angka itu tidak sebanding dengan kebutuhan kita, kebutuhan kita cukup tinggi, tapi Alhamdulillah dengan anggaran yang terbatas sektor ini tetap menjadi prioritas kita.

“Penerima bantuan alsintan kali ini bukan yang baru, pasti sudah pernah menerima bantuan alsintan dalam bentuk alat lain, saya cuma pesan bantuan ini bukan hanya diterima dan digunakan, tapi juga di rawat dan di pelihara,” tambah Bupati perempuan pertama di Sulawesi selatan ini.

Bupati Luwu Utara 2 Periode ini juga menyampaikan alat yang di berikan ini untuk di rawat dengan baik, ini komitmen pemerintah secara merata memberikan alsintan kepada semua kelompok tani, jadi berikan kesempatan juga kepada kelompok tani yang lain untuk menerima, karena ada keterbatasan kita dalam memenuhi permintaan alsintan kelompok tani.

“Saya juga berharap kepada petani yang belum menerim perlindungan asuransi dari pemerintah berikan perlindungan secara mandiri tidak ada ruginya bagi kita,” tutup Bupati yang kerap di sapa IDP ini.

Selain penyerahan Alsintan dan klaim AUTP pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada BPP atas partisipasi sebagai peserta AUTP terbanyak yaitu peringkat pertama BPP kecamatan Masamba seluas 1.901,85 Ha, kedua BPP Kecamatan Sabbang Selatan seluas 1.304, 04 Ha, dan ketiga BPP Kecamatan Bone-Bone seluas 1. 134, 34 Ha. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here