Serahkan Bantuan Alsintan untuk Petani, Bupati Puji Kinerja DPKP Lutim

Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan secara simbolis Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Tahun 2024 se Kabupaten Lutim pada acara Panen Raya Padi yang dilaksanakan di P4S Adiluwung Desa Boyondo, Kecamatan Tomoni, Senin (10/6/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan secara simbolis Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Tahun 2024 se Kabupaten Lutim pada acara Panen Raya Padi yang dilaksanakan di P4S Adiluwung Desa Boyondo, Kecamatan Tomoni, Senin (10/6/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) turut dihadiri Perwakilan unsur Forkompinda Lutim, Kepala Dinas PKP, Amrullah, para Camat se Kabupaten Luwu Timur, para Pengurus Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian se Kabupaten Lutim, Koordinator Denplot Biobost Lutim, dan Penerima Manfaat.

H. Budiman memberikan apresiasinya kepada DPKP Lutim yang gencar memberikan bantuan kepada para petani Luwu Timur.

“Sebagai pimpinan daerah, saya sangat berterimakasih dan bangga kepada DPKP Lutim yang memanfaatkan anggaran sebaik-baiknya untuk kesejahteraan para petani yang ada di Luwu Timur,” tutur H. Budiman.

“Ini adalah bentuk upaya pemerintah daerah dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, meningkatkan kesejahteraan para petani dan mengurangi permasalahan ketersediaan tenaga kerja, serta menarik minat usia kerja muda dalam usaha tani,” ungkap H. Budiman.

Orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini berharap penyediaan alsintan yang disalurkan dapat efesien dalam penggunaannya.

“Saya berharap penyediaan alsintan secara kontinyu di Kabupaten Luwu Timur diharapkan mampu mengefisienkan pelaksanaan budidaya padi, mulai dari persiapan lahan sampai pada proses panen para kelompok tani,” harap H. Budiman.

H. Budiman berpesan agar para penerima manfaat dapat menjaga baik bantuan alsintan tersebut.

“Pada pertemuan kita hari ini, saya mengajak kita semua khususnya pengurus kelompok tani yang akan dan telah mendapatkan bantuan alsintan agar dapat rutin melakukan perawatan pemeliharaan barang yang diberikan untuk pemanfaatan jangka panjang nantinya,” tandas H. Budiman. (*)
Adapun bantuan yang diberikan antara lain:
1. Bantuan Alsintan Alkon 3 inch sebanyak 7 unit.
2. Bantuan Alsintan Alkon 4 inch sebanyak 13 unit.
3. Bantuan Alsintan Alkon 6 inch sebanyak 16 unit.
4. Bantuan Traktor roda 2 sebanyak 2 unit.
5. Bantuan irigasi Perpompaan sebanyak 7 paket.
6. Bantuan Combine Harvester 3 unit.
7. Fasilitas RMU dan Sarana pendukungnya sebanyak 2 paket.
8. Pembangunan screen house modern pengembangan hortikultura komoditas buah sebanyak 1 paket.
9. Pemberian penghargaan kepada Kelompok Tani berprestasi se Kabupaten Luwu Timur.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here