Silaturahmi di Istana Datu Luwu, Rombongan Bupati Luwu Timur Disambut Secara Adat

Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Wakil Bupati, Moch. Akbar A. Leluasa, Sekda H. Bahri Suli beserta jajaran melakukan prosesi “Mangngolo” atau mengunjungi Istana Langkanae Kedatuan Luwu, Sabtu (13/1/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Wakil Bupati, Moch. Akbar A. Leluasa, Sekda H. Bahri Suli beserta jajaran melakukan prosesi “Mangngolo” atau mengunjungi Istana Langkanae Kedatuan Luwu, Sabtu (13/1/2024).

Mangngolo Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam rangka Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) Tahun 2024 ini disambut secara adat ketika akan memasuki Tabu-Tabuan Kedatuan Luwu.

Di Balariung Salassae Kedatuan Luwu, rombongan Bupati Luwu Timur telah dinanti Yang Mulia (YM) Cenning Luwu (Plt. Patunru), YM. Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung, bersama Dewan adat 12 kedatuan Luwu diantaranya Opu Maddika Bua, Opu Jemma Tongang, Opu Tomarilaleng, Opu Andreguru Pampawa Epu, dan Komunitas Langkanae.

Dalam sambutan selamat datang YM. Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung yang disampaikan oleh YM. Maddika Bua Landi Syaifuddin Kaddiraja,se. Opu To Sattia Raja menyampaikan, mewakili dewan adat 12 dan cenning Luwu mengucapkan terima kasih dan rasa hormat yang tidak terhingga atas kunjungan bapak Bupati bersama rombongan yang datang Mengngolo atas akan dilaksanakannya peringatan HJL dan HPRL.

“Kami melaporkan bahwa acara tersebut akan digelar di istana mulai tanggal 20-21 Januari 2024, dan Insha Allah tanggal 22 Januari 2024 akan menuju Luwu Timur menghadiri peringatan HPRL pada 23 Januari 2024 nantinya,” imbuhnya.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sepatah katanya mengucapkan terima kasih banyak kepada YM Cenning Luwu dan Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu atas penerimaan yang sangat luar biasa.

Terkait Peringatan HJL dan HPRL di Lutim, Budiman menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut akan melibatkan enam kabupaten kota termasuk kedatuan Luwu. Enam daerah tersebut ialah Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Kolaka dan Kolaka Utara.

“Jadi semua foto para Bupati melengket di undangan dan semua bertanda tangan. Sehingga, bahwa kegiatan itu dilaksanakan di Luwu Timur, tetapi tanggungjawab itu milik kita bersama untuk penghormatan Tana Luwu tersebut,” tegas Budiman.

Adapun tema yang diangkat ialah “Bersama Kita Kuat, Tana Luwu Menjadi Hebat”. Ini kesadaran menyatu dalam tatanan budaya dan tentu tatanan lain yang akan kita kembangkan bersama.

Lebih jauh Budiman mengungkapkan ialah, kegiatan yang akan dilaksanakan pada HJL dan HPRL ini diantaranya pertemuan Saudagar Tana Luwu.

“Jika di Makasssar ada Saudagar Bugis Makassar, maka kita coba menggagas Saudagar Tana Luwu. Kita himpun kekuatan-kekuatan perekonomian untuk membangun Tana Luwu. Jadi bukan hanya Luwu Timur, cuma kita mulai dari Lutim, semoga organisasi bisa berkembang sehingga menjadi kekuatan ekonomi besar di Tana Luwu,” kata Budiman menjelaskan rencana hebatnya demi kemajuan Tana Luwu.

“Mohon restu, mohon doa, dan sekaligus mohon menghadiri puncak acara di tanggal 23 Januari 2024 mendatang,” terang Bupati Budiman.

Diakhir acara Bupati Luwu Timur disematkan Kawali oleh YM. Anreguru. Selanjutnya pemasangan Pin Kedatuan Luwu kepada Bupati Luwu Timur dan istri serta Wakil Bupati Lutim oleh YM. Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung, dan terakhir penyerahan cinderamata. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

54 − = 45