Telan Anggaran 6,3 Miliar, Basmin Mattayang Kembali Resmikan 2 Ruas Jalan

Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd meresmikan pengaspalan jalan ruas Pammanu-Paconne dan ruas Lamunre-Paconne di Desa Lauwa, Kamis (8/2/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU – Infrastruktur jalan menjadi salah satu fokus pembangun di masa kepemimpinan Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, sejak tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Luwu telah mengupayakan pembangunan jalan Aspal sepanjang 228,17 Km lebih, Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 10,85 km lebih, Pengkrikilan Jalan sepanjang 1.070 km dan Talud Jalan sepanjang 14,68 km lebih.

Kali ini, Basmin Mattayang kembali meresmikan pengaspalan jalan ruas Pammanu-Paconne dan ruas Lamunre-Paconne di Desa Lauwa, Kamis (8/2/2024).

Dalam sambutannya, Bupati dua periode ini mengungkapkan pekerjaan pengaspalan di Pammanu-Paconne dan Lamunre-Paconne perencanaannya sejak dua tahun lalu, namun karena terkendala pandemi Covid-19 sehingga pekerjaan ini tertunda.

“Kita punya konsep membangun tuntas berkelanjutan, tidak ada istilah mengaspal 100 atau 200 meter baru kita sambung lagi. Kita mau seperti ini, langsung terhubung Pammanu-Lauwa-Paconnce terhubung Paconne-Lamunre. Itu harus konek,” ungkap Basmin.

Kepala Desa Paconne, Kecamatan Belopa Utara, Khaeruddin mewakili Pemerintah Desa dan masyarakat se-Kecamatan Belopa Utara menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati Luwu.

“Kami menghaturkan banyak terima kasih pak Bupati, atas segala bantuan dan fasilitas yang telah diberikan untuk masyarakat kami termasuk jalan aspal ini,” ucapnya penuh haru.

Ia menceritakan bahwa pembangunan jalan aspal tersebut sangat membantu masyarakat karena sebelumnya kondisi rusak dan berdebu.

“Alhamdulillah, setelah di aspal dan di rabat, masyarakat sudah bisa menikmati,” ujarnya di sambut aplaus warga.

Sementara Kadis PUTR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad dalam laporannya mengatakan kedua ruas yang telah diresmikan dalam pelaksanaannya menelan anggaran sebesar 6,3 M yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Jalan tahun 2023 dengan panjang keseluruhan adalah 5 Km.

Ikhsan menjelaskan jika pekerjaan jalan tersebut bersifat long segmen berdasarkan koridor dalam artian antara ruas yang satu dengan ruas yang lain memliki keterkaitan.

“Karena itu kita berharap, dengan selesainya pengaspalan kedua ruas ini, kemantapan jalan daerah semakin baik dan terpenuhi dalam mendukung sentra ekonomi masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Belopa Utara,” jelas Ikhsan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

73 − 70 =