Terima Tim IFAD, Indah Putri Apresiasi Program READSI di Lutra

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani menerima kunjungan Tim International Fond For Agricultural Development (IFAD) di Rumah jabatan (Rujab) Bupati Lutra, Rabu (1/11/2023)

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani menerima kunjungan Tim International Fond For Agricultural Development (IFAD) di Rumah jabatan (Rujab) Bupati Lutra, Rabu (1/11/2023) sore.

IFAD merupakan dana internasional untuk pengembangan agricultural, yang tujuannya untuk menyediakan pendanaan dan menggerakkan sumber-sumber tambahan, untuk pengembangan ekonomi di wilayah tertentu.

Terkait hal itu, Indah menyampaikan apresiasi khususnya terhadap program Readsi yang diinisiasi tim IFAD. Terlebih program tersebut sudah berlangsung selama lima tahun di Kabupaten Luwu Utara.

“Secara keseluruhan dapat kita lihat dampaknya cukup signifikan terutama dalam penguatan kelembagaan kelompok tani yang diintervensi. Tidak kalah pentingnya adalah juga terjadi transfer pengetahuan teknologi tepat guna terhadap perubahan karakter dari kelompok tani,” tutur Indah usai menjamu rombongan IFAD.

Harapannya, kegiatan yang digagas IFAD ini terus berlanjut. Bahkan direplikasi kepada kelompok lain yang belum diintervensi.

“Karena tujuannya jelas demi memastikan keberlangsungan program ini, tentu harapannya terjadi peningkatan kesejahteraan kelompok tani,” terang bupati dua periode tersebut.
Diketahui, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Supervision Mission Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling-Up Initiative (READSi) yang rencananya diagendakan selama 2 hari di Kabupaten Luwu Utara termasuk kunjungan lapangan ke desa lokasi program.

Pelaksanaan Supervision Mission ini bertujuan melihat kemajuan dan kinerja dalam rangka mencapai tujuan, mengidentifikasi tantangan pelaksanaan dan mengeksplorasi keberlanjutan serta kesiapan Program READSi untuk pengakhiran kegiatan yang dijadwalkan selesai pada September 2024.

Untuk diketahui, program READSi bertujuan memberdayakan rumah tangga di pedesaan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan keluarga tani yang menyasar 8 Kecamatan, 18 Desa, 126 Kelompok dan 3150 Petani di Kabupaten Luwu Utara.

Hadir melakukan supervision Mission IFAD di Luwu Utara Mr.Hani Saleem selaku Country Director IFAD, Mrs. Yumi Sakata sebagai Program manager IFAD, Andi Amal Hayat Makmur Manager Program Readsi dan Heri Novriandi dari Bappenas.

Sementara itu turut hadir mendampingi Bupati, Dinas Pertanian selaku pengelola program (DPMO) serta Bappelitbangda selaku District Steering Commitee (DSC) program READSi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here