Tim Bina Desa FEB-Unhas Pelatihan Keuangan dan Kewirausahaan bagi UMKM di Moncongloe Maros

Tim Bina Desa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB-UNHAS) mengadakan pelatihan keuangan dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sabtu 15 Juni 2024

LINISULSEL.COM, MAROS – Tim Bina Desa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB-UNHAS) mengadakan pelatihan keuangan dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sabtu 15 Juni 2024

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa di Sulawesi Selatan melalui penguatan kapasitas UMKM setempat.

Tim Bina Desa ini dipimpin oleh M. Iqbal dan didukung oleh Dr. Mursalim Nohong, SE., M.Si, CRA., CRP., CWM (Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Muhammad Try Dharsana, SE., M.Sc (Dosen Akuntansi FEB-UNHAS), Rizky Utami, SE., M.Acc., Fin (Dosen Akuntansi FEB-UNHAS), Salman Samir, SE., M.Sc (Dosen Ilmu Ekonomi FEB-UNHAS), Andi Iqra Pradipta Natsir, SE., M.Si., Ak (Dosen Akuntansi FEB-UNHAS), dan Fakhrul Indra Hermansyah, SE., M.Sc (Dosen Manajemen FEB-UNHAS).

Mereka juga dibantu oleh 41 mahasiswa dari program studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Manajemen di FEB-UNHAS.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Camat Moncongloe, Herwan, S.Sos.,M.Si dan beberapa perangkat desa.

M. Iqbal, selaku Ketua Tim Bina Desa, menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberdayakan para pelaku UMKM dan perangkat desa di Kecamatan Moncongloe.

“Pelatihan ini mencakup strategi pencatatan keuangan sederhana dengan menggunakan aplikasi Akuntansi UKM dan teknik pemasaran digital,” kata Ketua Tim Bina Desa.

Lanjut Ketua Tim Bina Desa, pelatihan berlangsung di Kantor Camat Moncongloe dan melibatkan kelompok UMKM setempat

Tim Bina Desa FEB-UNHAS siap bekerja sama untuk meningkatkan produktivitas UMKM di Kecamatan Moncongloe melalui penerapan pencatatan keuangan dan pemasaran digital,” jelas M. Iqbal

Materi pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital disampaikan oleh Fakhrul Indra Hermansyah, SE., M.Sc, sementara Salman Samir, S.E., M.Sc memberikan materi tentang pengembangan UMKM, dan Rizky Utami, SE., M.Acc., Fin menyampaikan literasi keuangan digital.

Seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan antusias dan aktif, termasuk dalam sesi Focus Group Discussion (FGD) yang didampingi oleh mahasiswa sebagai fasilitator untuk konsultasi terkait pencatatan keuangan dan pemasaran digital.

Dr. Mursalim Nohong, SE., M.Si., CRA., CRP., CWM, yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, sangat mendukung program Bina Desa ini.

“Partisipasi aktif masyarakat desa sangat penting untuk mencapai tujuan program ini dan FEB-UNHAS akan terus berkolaborasi dengan masyarakat desa dalam setiap tahapan program,” jelas Dr. Mursalim Nohong.

Lanjut, Dr. Mursalim menekankan pentingnya mempertahankan upaya pengembangan UMKM di Maros yang memiliki potensi besar, terutama dengan adanya produk olahan dari umbi-umbian yang dapat dijadikan sebagai peluang pengembangan berkelanjutan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat eksistensi UMKM di Kecamatan Moncongloe dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan dan penerapan strategi pemasaran digital yang efektif,” jelasnya.

“Tim Bina Desa FEB-UNHAS berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan secara berkelanjutan hingga para pelaku UMKM dapat mandiri dalam mengelola keuangan dan pemasaran mereka,” tandas Dr. Mursalim

Sementara itu, Camat Moncongloe, Herwan, S.Sos.,M.Si menyatakan bahwa UMKM di daerahnya memiliki potensi besar namun masih membutuhkan dukungan dalam hal permodalan, literasi keuangan, dan pemasaran digital.

“Semoga kolaborasi dengan FEB-UNHAS akan membantu pelaku usaha lokal untuk lebih kompetitif dan dapat merambah pasar yang lebih luas,” harap Camat Moncongloe, Herwan. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here