Universitas Andi Djemma dan PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone Teken MoU, Kolaborasi Dunia Akademik dan Industri

Universitas Andi Djemma foto bersama PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bertempat di Balai Pertemuan “SAO SIPAKARIO” Pabrik Gula Bone, Sabtu 1 Juni 2024.

LINISULSEL.COM, BONE – Universitas Andi Djemma (Unanda) melangkah maju dalam upaya meningkatkan kolaborasi antara dunia akademik dan industri dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone.

Acara penandatanganan MoU yang bersejarah ini bertempat di Balai Pertemuan “SAO SIPAKARIO” Pabrik Gula Bone, Sabtu 1 Juni 2024.

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan dengan kegiatan praktek lapang pada hari Minggu, 02 Juni 2024 yang diikuti oleh Mahasiswa S2 (Magister) Program Studi Ilmu Pertanian sebanyak 57 orang.

Acara MoU dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari kedua belah pihak. Dari PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone, hadir Manajer Unit, Andi Evan Triwisno Durusing, SP.

Sementara dari pihak Unanda, hadir Wakil Direktur I Pascasarjana, Dr. Akmal, SP., MP., Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Naima Haruna, SP., MP., serta Wakil Rektor I, Dr. Ir. Sukriming Saparang, SP., MP., IPM yang juga menjadi saksi dalam penandatanganan MoU ini.

Andi Evan Triwisno Durusing, SP dalam sambutannya mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah langkah penting dalam memperkuat hubungan antara industri dan dunia akademik, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pertanian di Indonesia.

“Kami sangat berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini, kita dapat saling mendukung dalam penelitian dan pengembangan teknologi pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan,” kata Andi Evan Triwisno Durusing.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unanda, Dr. Ir. Sukriming Sapareng, SP., MP., IPM menjelaskan bahwa MoU ini merupakan bagian dari upaya universitas untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui kerjasama yang strategis.

Lanjut Dr Sukriming Sapareng, Kolaborasi dengan PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone memberikan kesempatan bagi mahasiswa kami untuk mendapatkan pengalaman praktis yang berharga serta wawasan industri yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

“Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa Pascasarjana S2 Ilmu Pertanian dalam berbagai aspek operasional dan manajemen perkebunan,” jelas Dr Sukriming Sapareng

Senada, Dekan Fakultas Pertanian Unanda, Dr. Naima Haruna, SP., MP menjelaskan bahwa praktek lapang ini adalah bagian integral dari kurikulum kami yang bertujuan untuk menggabungkan teori dengan praktek, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin di bidang pertanian

“Para mahasiswa yang terlibat dalam praktek lapang ini diberikan kesempatan untuk mengamati dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di kebun dan pabrik gula, termasuk pengelolaan tanaman, pengolahan hasil, hingga manajemen sumber daya manusia. Mereka juga mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli dan praktisi di PTPN I Regional 8 Unit Kebun Bone,” jelas Dr. Naima Haruna.

Dr. Naima Haruna menambahkan, penandatanganan MoU dan praktek lapang ini menandai langkah maju dalam upaya Universitas Andi Djemma untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan menjalin kemitraan strategis dengan industri.

“Semoga dengan kerjasama ini, dapat tercipta sinergi yang kuat antara dunia pendidikan dan dunia usaha, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian yang lebih modern dan berkelanjutan di Indonesia,” harapnya. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here