Wabup Lutim Ikuti Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024

Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di Claro Hotel Makassar, Rabu (26/6/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di Claro Hotel Makassar, Rabu (26/6/2024).

Kehadiran Wakil Bupati Mochammad Akbar Andi Leluasa menunjukkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memastikan suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 untuk wilayah Timur Indonesia dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Rakor ini digelar untuk mengupayakan dan mengevaluasi kesiapan setiap daerah pada wilayah Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Maluku dalam menghadapi pesta demokrasi Pilkada terbesar sepanjang sejarah Bangsa Indonesia.

Menkopolhukam RI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang juga bertindak sebagai key note speaker dalam rakor tersebut berharap agar seluruh pihak mampu bersinergi, saling membantu dan berkolaborasi dalam mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024.

Olehnya itu, stabilitas politik perlu diupayakan dengan mengedukasi dan mengajak masyarakat agar senantiasa saling menjaga agar situasi tetap kondusif dan aman ditengah perbedaan pilihan.

“Saya berharap para peserta rapat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi serta menerapkan solusi penyelesaian. Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan Pilkada Serentak tahun 2024,” tutur mantan Panglima TNI ini menekankan.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang terdiri Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis.

Masing-masing narasumber diberi waktu menyampaikan paparannya terkait kesiapan dan langkah-langkah yang akan dilakukan menghadapi pilkada serentak 2024 mendatang.

Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu Tahun 2024 menghadirkan peserta diantaranya Jajaran Forkopimda Provinsi, seluruh Gubernur, Bupati/Walikota, jajaran pimpinan Kejati, Pimpinan Kejari, Jajaran Pimpinan Satuan TNI dan Polri, Partai Politik, Pimpinan Organisasi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,Tokoh agama dan masyarakat serta undangan terkait lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa ditemui setelah kegiatan menerangkan bahwa, Rakor ini dilaksanakan untuk memperkuat sinergitas antara penyelanggara KPU dengan seluruh stakeholder di daerah.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu Serentak tinggal beberapa bulan lagi, sehingga Rakor ini perlu dilaksanakan untuk memperkuat kesiapan daerah dalam penyelenggaraannya.

“Pemerintah Kabupaten Luwu Timur akan terus menjalin sinergi, kolaborasi, serta kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait untuk mensukseskan Pemilu 2024. Saya yakin, masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Luwu Timur akan berpartisipasi untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, jujur dan adil,” tegas Wakil Bupati.

“Intinya, kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur menyatakan kesiapan menghadapi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” ucapnya.

“Kami siap berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait untuk menjamin pelaksanaan Pilkada yang aman dan kondusif,” tandas Wabup Lutim. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here