Wakil Bupati Lutim Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Soekarno-Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Jumat (10/11/2023) dipimpin Wakil Bupati Luwu Timur (Wabup Lutim) Moch. Akbar Andi Leluasa.

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) menggelar Upacara Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 dengan tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Upacara yang berlangsung di Lapangan Soekarno-Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Jumat (10/11/2023) ini dipimpin Wakil Bupati Luwu Timur (Wabup Lutim) Moch. Akbar Andi Leluasa.

Hadir Bupati Lutim, H. Budiman, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lutim, Sekda Lutim, H. Bahri Suli beserta jajaran Pemkab Lutim, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty bersama organisasi wanita lainnya, para ASN dan Upah Jasa lingkup Pemkab Lutim, unsur TNI Polri, dan Pelajar.

Wakil Bupati Lutim, Mochammad Akbar Andi Leluasa saat membacakan sambutan seragam Menteri Sosial RI, Tri Rismaharani mengatakan, tema semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” sambung Akbar Andi Leluasa.

Lanjut Mochammad Akbar mengatakan, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujar Wakil Bupati Lutim.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri,” tambahnya.

Oleh karena itu, orang nomor dua di Kabupaten Luwu Timur ini menegaskan bahwa, semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945 mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tutupnya.

Setelah upacara di lapangan merdeka, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Malili yang dipimpin oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, lalu ditutup dengan Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Lampia Kecamatan Malili yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Dr. Yadyn. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here