Kadis Pendidikan Asnita Darwis Buka Ajang Kreativitas dan Silaturahmi Paskibra SMA Se-Kota Palopo

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, membuka kegiatan Ajang Kreativitas dan Silaturahmi (AKSi) paskibra SMA sederajat se-Kota Palopo, Jumat (12/1/2024)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, mewakili Pj. Wali Kota Palopo, membuka kegiatan Ajang Kreativitas dan Silaturahmi (AKSi) paskibra SMA sederajat se-Kota Palopo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo, Jumat (12/1/2024) ini, diawali dengan penampilan marching band dan pemukulan gong.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Palopo, Ikram Lihu, mengatakan, kegiatan hari ini menampilkan kreativitas para purna paskibraka.

“Kegiatan ini diikuti sembilan paskibra yang ada di Kota Palopo. Satu peserta baru terbentuk paskibra yaitu, paskibra SMKN 6 Palopo,” kata Ikram.

Ikram menjelaskan, lima kegiatan sebelumnya bernama Perkemahan Silaturrahmi (Silat), kali ini berganti nama AKSi.

“Terkadang jika kita sebut kegiatan pesilat, masyarakat mengira bahwa pesilat yang sesungguhnya. Maka di tahun 2024 namanya diubah jadi AKSi,” jelasnya.

Lebih jauh, Ikram menguraikan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. Ke depan, kata Ikram, kegiatan ini akan dirancang untuk diadakan se-Luwu Raya.

“Kita berharap AKSi berikutnya akan mencoba melebarkan sayap tahun ini. Kita ingin adik-adik di Kota Palopo busa bersaing secara sehat,” urainya.

“Salah satu tujuan kegiatan ini, untuk melihat bibit-bibit calon pasukan paskibra untuk diutus baik di tingkat kota, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional,” tukasnya.

Sementara itu, Kadisdik Kota Palopo, Asnita Darwis, membaca sambutan tertulis Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengapresiasi atas capaian paskibra Palopo.

“Kita telah lihat bersama paskibra Kota Palopo sudah ada yang ke tingkat provinsi. Semoga nantinya juga akan ada ke tingkat nasional,” kata Asnita Darwis.

Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, kata Asnita, generasi muda selalu berperan pada setiap peristiwa penting.

“Bahkan dapat dikatakan, bahwa generasi muda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajah,” katanya.

Salah satu keunggulan kegiatan ini, lanjut Asnita, menunjukkan kualitas para siswa dan siswi yang hadir.

“Sebab, untuk bisa sampai di sini, tentu telah melalui seleksi yang sangat ketat. Kalian adalah pelajar yang terpilih. Baris-berbaris dan melipat bendera, itu tidaklah mudah,” jelasnya.

“Tergabung dalam paskibra juga akan menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda. Selain itu, juga menanamkan sikap dan perilaku yang baik di tengah masyarakat,” tutupnya.

Turut hadiri pada kegiatan tersebut, perwakilan dari Polres Kota Palopo, perwakilan dari KesbangPol Kota Palopo, Kepala MAN Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + = 9