Pimpin Upacara Harkitnas, Indah Putri Ingatkan Peluang dan Tantangan di Era Teknologi

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memimpin langsung upacara Hari Kebangkitan Nasional (HKN) 20 Mei 2024 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati.

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memimpin langsung upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2024 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati.

Indah Putri berpesan kepada seluruh jajaran bahwa salah satu cara merayakan Hari Kebangkitan Nasional adalah meningkatkan kedisiplinan.

Pada kesempatan tersebut, bupati perempuan pertama di Sulsel ini juga menyampaikan sambutan serentak Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” kata Indah Putri.

“Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” sambung bupati dua periode ini.

Banyak kesulitan yang berhasil di solusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong “Indonesia Emas”.

Inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari. Kecepatannya bak lompatan kuantum.

“Dalam dua dekade terakhir, perubahannya demikian pesat. Sementara itu, di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi,” ucap Indah Putri.

“Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana di dalam sejarah peradaban negara-negara dan bangsa-bangsa, kesempatan itu hanya datang satu kali, oleh karenanya kita sama sekali tidak boleh keliru dalam memilih langkah,” tegas bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Diketahui peringatan Harkitnas tersebut dihadiri Wakil Bupati, Forkopimda, pimpinan perangkat daerah, personel TNI/Polri dan para ASN Pemda Lutra. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here