Beda Pilihan Caleg, Ketua Kelompok Tani di Palopo Ambil Kembali Bantuan Kambing dari Pemerintah

Daftar anggota penerima bantuan kambing dari pemerintah. (ist)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Karena berbeda pilihan ketua kelompok tani Rante Nase Kelurahan peta, Kecamatan sendana, Palopo bernama Jumais mengambil kembali bantuan hewan ternak (kambing) dari pemerintah yang telah diserahkan ke masyarakat.

Jumais merupakan tim sukses dari salah satu calon legislatif (caleg) DPRD Kota Palopo Dapil 3.

Ia menarik kembali sejumlah bantuan hewan ternak (kambing) yang diserahkan, hal tersebut di karenakan salah satu anggota tidak memilih caleg yang dipilih oleh ketua kelompok taninya.

Padahal bantuan tersebut merupakan bantuan pemerintah terhadap kelompok tani. Hal ini terjadi pada hari minggu 18 Februari 2024 di Dusun Buntu Lobbo, Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana.

Aldi salah satu yg terdaftar dalam berita acara serah terima bantuan barang hewan ternak (kambing) tahun anggaran 2023, di datangi oleh ketua kelompok tani Rante Nase dengan maksud meminta untuk di kembalikan seekor kambing bantuan dari pemerintah, dikarenakan Aldi dianggap tidak memilih caleg yang dipilih Jumais.

“Datang ke rumah pak, dia minta kembali itu kambing karena tidak saya pilih itu caleg nya,” ungkapnya saat di wawancarai, kamis 22 februari 2024.

Lanjut, Aldi juga mengungkapkan bahwa keesokan harinya tepatnya pada hari senin, ia membawa seekor kambing ke rumah pak Jumais ketua kelompok tani rante nase.

“Besoknya itu pak saya bawa langsung kerumahnya pak jumais,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Kelompok Tani Rente Nase juga mengungkapkan bahwa ada 2 orang penerima bantuan hewan ternak kambing yang ditarik kembali kambingnya.

“2 orang itu pak ditarik kembali kambingnya karena tidak dipilih caleg nya. Salah satunya Aldi dan yang satunya pak Yusuf,” ungkapnya saat di wawancarai Kamis, 22 Februari 2024.

Bantuan hewan ternak (kambing) pada sub kegiatan pengadaan benih/bibit ternak yang sumbernya dari daerah/kota tahun anggaran 20223, dengan Nomor 028/3282/DPPP/Xll/2023, pada tanggal 05 Desember 2023.

Diketahui ada 31 nama yang tercatat dalam berita acara serah terima barang bantuan hewan ternak kambing tersebut.

Dari 31 nama yang tercatat dalam daftar nama-nama anggota kelompok tani/ternak Rante Nase Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana ada 2 nama yang juga tercatat dalam daftar nama anggota kelompok tani rante nase yakni Aldi dan yusuf sebagai penerima.

Lurah Peta Andi Gafur saat di konfirmasi membenarkan bahwa pada Desember ada bantuan hewan kambing sebanyak 51 ekor yang diserahkan ke 31 KK anggota kelompok tani Rante Nase yang bersumber dari dana aspirasi tahun anggaran 2023.

“Iye betul di RW.03 RT.03 Buntu lobbo,” ungkapnya

“Iye 51 ekor untuk 31 KK, kalau anggaran tidak salah aspirasi,” tambahnya saat diwawancarai via WhatsApp 22 Februari 2024.

Dikonfirmasi via telpon Ketua kelompok tani Rante Nase, Jumais membenarkan hal tersebut dikarenakan Aldi bukan anggota kelompok tani Rante Nase.

“Itu yang di tarik kambingnya bukan anggota kelompok tani rantenase pak,” ujarnya.

Lanjut, saat dimintai tanggapannya terkait kenapa bisa Aldi terima bantuan hewan ternak kambing tersebut dan sudah 2 bulan lebih dipelihara, sementara Aldi bukan anggota kelompok tani Rante Nase. Sampai saat berita ini terbit Jumais belum menjawab. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here