Bupati Lutim Hadiri Syukuran 46 Tahun Kedatangan Transmigrasi di Desa Argomulyo

Bupati Lutim H Budiman menghadiri syukuran 46 tahun kedatangan transmigrasi di Desa Argomulyo, Kecamatan Kalaena.

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Warga Desa Argomulyo, Kecamatan Kalaena, menggelar syukuran 46 tahun Kedatangan Transmigrasi di Desa Argomulyo.

Perayaan bernuansa sejarah bagi warga Desa Argomulyo ini dihadiri Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufryati.

Peringatan HUT Transmigrasi Desa Argomulyo ini mengangkat tema “Kita Tingkatkan Semangat Gotong Royong, Mari Kita Wujudkan Desa Sejahtera Dengan Meningkatkan Income melalui Potensi Sumber Daya Alam Kita”.

Turut hadir Kadis PMD, Halsen, Kadis Parmudora, Andi Tabacina Akhmad, Kadis Pertanian, Amrullah, Camat Kalaena, Yusri dan beberapa Kepala Desa se Kecamatan Kalaena.

Peringatan HUT Kedatangan Transmigrasi Desa Argomulyo dimulai dengan uraian singkat sejarah berdirinya Desa Argomulyo oleh Kepala Desa Argomulyo, Widayanto.

Menurutnya, Desa Argomulyo merupakan desa yang terbentuk karena adanya warga transmigrasi dari Pulau Jawa, seperti Blitar (Jatim) dan Jawa Tengah.

Widayanto juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten atas beberapa bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah seperti program 1 Miliar 1 Desa dan program lainnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, peringatan HUT transmigrasi Desa Argomulyo ke-46 dalam rangka mengingatkan kembali awal mula terbentuknya Desa Argomulyo dan juga untuk mengenang kedatangan transmigrasi ke desa tersebut.

“Saya yakin masyarakat Desa Argomulyo bersyukur karena kehidupan saat ini sudah jauh lebih baik dibanding pertama kali datang ke wilayah ini,” kata Budiman.

Budiman mengatakan, perjuangan transmigrasi itu tidak sama pada saat dicerita dengan yang mengalami perjuangannya.

Memang sangat berat karena harus meninggalkan keluarga untuk berada di tempat lain yang jauh dari keluarga.

Namun itulah kilas baliknya dan saat ini sudah mengalami perkembangan yang lebih baik.

Bahkan, lanjut Bupati, wilayah Argomulyo ini telah menjadi salah satu desa dengan potensial yang cukup produktif.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan, pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat terus dilakukan.

Hal ini terbukti dengan berbagai program prioritas pemerintah daerah diantaranya program 1 Miliar 1 Desa, Program Beasiswa Untuk Mahasiswa, satu kamar satu pasien dan beberapa program prioritas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Luwu Timur termasuk warga Desa Argomulyo.

Dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, pemerintah juga membutuhkan peran aktif masyarakat.

Karena menurutnya, pemerintah memiliki keterbatasan dan tidak dapat secara paripurna menjalankan seluruh program pembangunan baik dari pusat maupun daerah.

Kendati demikian, peran pemerintah juga diperlukan dalam menyukseskan penyelenggaraan pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Artinya, pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, supaya mengerti apa yang menjadi permasalahan masyarakat.

Mulai dari pembangunan infrastruktur, sosial hingga pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Budiman berpesan kepada warga Desa Argomulyo untuk senantiasa menjaga kebersamaan, kekompakan dan gotong royong serta mengharapkan kepada masyarakat desa agar senantiasa menjaga aset aset desa yang telah ada.

Budiman juga menyampaikan program baru yang menjadi salah satu program yang diharapkan bisa menjaga lingkungan sekitar, yakni Program “Peduli Ki, Saya Jaga Ki”.

“Program ini, memuat tujuh item yang menjadi gerakan peduli terhadap lingkungan yakni, 1. Gerakan Sehari Konsumsi Bahan Pangan Lokal Non Beras, 2. Gerakan Sehari Tanpa Kemasan Plastik, 3. Gerakan Sehari Tanpa Asap Rokok, 4. Gerakan Sehari ke Kantor Tanpa Kendaraan Bermotor, 5. Gerakan Membersihkan Lingkungan, 6. Gerakan Menanam Sayuran dan Buah di Halaman Kantor, dan 7. Gerakan Menanam Satu Pohon Durian di Setiap Rumah,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah melalui video mengucapkan selamat kepada Warga Desa Argomulyo, Kecamatan Kalaena menggelar syukuran 46 tahun Kedatangan Transmigrasi di Desa Argomulyo, tetap Menjaga Semangat Gotong Royong, Mari Wujudkan Desa Sejahtera dimana pun berada bagi warga Blitar.

Peringatan HUT Kedatangan Transmigrasi Desa Argomulyo ke-46 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Luwu Timur, selanjutnya diserahkan kepada Kepala Desa Argomulyo. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here