Citizen Reporter: HMJ Teknik PWK UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Nasional, Dibuka Wakil Rektor 3

HMI Teknik PWK UIN Alauddin Makassar mengadakan seminar nasional dengan tema "Indonesia Emas 2045: Harapan dan Tantangan Bangsa.”

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Hari Kamis 15 Desember 2022, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik PWK UIN Alauddin Makassar mengadakan seminar nasional dengan tema “Indonesia Emas 2045: Harapan dan Tantangan Bangsa.”

Seminar ini bertempat di Auditorium Kampus Dua UIN Alauddin Makassar. Hadir A. Idham A. Pananrangi., ST, M.Si  (Ketua Jurusan Teknik PWK UINAM).

Prof. Dr. Darussalam, M.Ag selaku Wakil Rektor 3 diamanahkan membuka seminar nasional HMJ Teknik PWK UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutannya A. Idham berharap mahasiswa lulusan teknik PWK agar kedepannya bisa menjadi ahli perencanaan.

Adapun ebagai pembicara dalam seminar tersebut ialah yang pertama Andi Yunita , ST., M.Si (Kepala Bidang Tata Ruang Prov Sulsel) mewakili Gubernur Sulsel yang berhalangan hadir.

Ibu Yunita menjelaskan tentang perencanaan tata ruang Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan (Prov Sulsel).

Ia mengatakan bahwa tidak hanya ruang di permukaan tanah yang perlu diurus, tetap ruang bawah tanah juga perlu diurus dan diperhatikan kedepannya.

Kabid Tata Ruang Prov Sulsel ini juga menjelaskan mengenai Isu strategis Provinsi Sulsel, diantaranya

  1. Letak geografis Sulsel sangat mendukung IKM.
  2. Integrasi ruang darat dan laut serta pembangunan jaringan (infrastruktur) yang baru.
  3. Tanggap dalam bencana.
  4. Alih fungsi lahan pertanian dan hutan.
  5. Pengendalian pelanggaran tata ruang dan menangani kemiskinan yang diisukan sebagian besar berasal dari daerah pesisir

Dr. Ir. H. Ilham Arief Sirajuddin, M.M. (Walikota Makassar 2004-2014) juga andil dalam membawakan materi di seminar kali ini.

Ia membawakan materi dengan judul “Transformasi Kota Makasar: Kini dan Nanti.”

Ilham Arief Sirajuddin mengatakan visi Makassar menjadi kota dunia bukan hanya menjadi pintu gerbang, tapi akan menjadi living room.

“Mulai saat ini kita perlu memikirkan apa yang terjadi kedepannya, maka dari itu kita harus menentukan strategi untuk menangani hal-hal yang mungkin terjadi kedepannya,” tutur Ilham Arief Sirajuddin diakhir materinya. (Laporan: Farmawati Muin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here