Dandim Palopo Irup HUT ke-78 TNI, Turut Dihadari Wali Kota periode 2018-2023, HM Judas Amir

Wali Kota Palopo periode 2018-2023, HM Judas Amir, Kapolres Kota Palopo, Cenning Luwu, unsur porkopimda (se-Luwu Raya) dan sejumlah undangan lainnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023 yang digelar di lapangan Gaspa Palopo. Kamis 5 Oktober 2023.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Komando Distrik Militer (Dandim) 1403/Palopo, Letkol Inf Afriadi Nidjo, S.M. M.I.P bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023 yang digelar di lapangan Gaspa Palopo. Kamis 5 Oktober 2023.

Amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Dandim 1403 Palopo mengatakan peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2023 ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”

“Tema tersebut mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,” katanya.

Letkol Inf Afriadi Nidjo menambahkan, tema tersebut diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilihan Umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa,” tambahnya

“TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” ungkapnya.

Diketahui beberapa penekanan Panglima TNI untuk dipedomani antara lain:

Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas.

Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk.

Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Pada upacara tersebut di isi penampilan atraksi dari polisi cilik binaan polres palopo dan pembagian bakti sosial sembako dan stunting.

Upacara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Palopo periode 2018-2023, HM Judas Amir, Kapolres Kota Palopo, Cenning Luwu, unsur porkopimda (se-Luwu Raya) dan sejumlah undangan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here