Indah Putri Serahkan Dana Klaim Asuransi Untuk Petani Yang Gagal Panen

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) melalui Dinas Pertanian menyerahkan sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian serta klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) melalui Dinas Pertanian menyerahkan sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian serta klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Alsintan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Aula Lagaligo Kantor Bupati, Senin (13/11/2023).

“Selamat kepada bapak/ibu yang mewakili untuk alsintan, tadi sudah dilaporkan cukup banyak alsintan yang dibagikan. Dan sampai tahun ini Kabupaten Luwu Utara menjadi kabupaten yang paling banyak alokasi AUTP-nya karena pemerintah mengalokasikan anggaran untuk asuransi ini,” kata Indah mengawali sambutannya.

“Pemberian dana klaim asuransi ini adalah upaya pemerintah untuk memberi rasa nyaman pada pejuang pangan. Pemerintah harus hadir memberikan solusi bagi petani kita sehingga mereka bisa menanam dengan tenang dan nyaman karena adanya perlindungan yang diberikan. Sebab, tujuan penyelenggaraan AUTP adalah memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi kerusakan tanaman padi yang dipertanggungkan disebabkan risiko banjir, kekeringan, dan/atau serangan OPT,” sambungnya.

Indah menuturkan pertanian merupakan sektor krusial yang harus disiapkan untuk menjaga kedaulatan pangan di Kabupaten Luwu Utara sekaligus untuk menambah kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, bupati perempuan pertama di Sulsel ini berpesan kepada penerima alsintan untuk menjaga dan merawat alat dan mesin yang telah diterima.

“Saya harap bantuan yang telah diberikan dirawat dan dipelihara, anggap seperti kepemilikan barang kita yang lain setelah digunakan baiknya dibersihkan agar masa pakainya juga lebih lama,” pesan bupati yang karib disapa IDP ini.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Andi Zulkarnain melaporkan jenis dan alat yang diserahkan pada kali ini adalah traktor roda dua 12 unit, mesin pompa air 3 unit, hand sprayer 38 unit, mesin pasca panen kopi 24 unit, cultivator 3 unit dan Chains Shaw 17 unit .

“Sementara untuk AUTP T.A 2022 secara simbolis kepada petani gagal panen dengan kerusakan di atas 75% sebanyak 15 kelompok tani, 107 petani dengan luas 41,42 ha,” sebut Andi Zulkarnain.
Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada BPP atas partisipasi sebagai peserta AUTP terbanyak yaitu penghargaan pertama BPP Kecamatan Masamba seluas 1.901,85 Ha, kedua BPP Kecamatan Sabbang Selatan seluas 1.304,04 Ha, dan ketiga BPP Kecamatan Bone-Bone seluas 1.134,34 Ha. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here