Kadis Kominfo Palopo Jelaskan Visi Misi dan Program Smart City Dihadapan Peserta Muswil Permikomnas

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palopo, Hamsir Hamid, ST

LINISULSEL.COM, PALOPO – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo, Hamsir Hamid, ST mewakili Pj Wali Kota menghadiri kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah XI.

Muswil Permikomnas ke-VI, yang mengangkat Tema “Membangun Masa Depan Dengan Teknologi Untuk Inovasi dan Kolaborasi dari Permikomnas untuk Masyarakat” dilaksanakan di Auditorium SaokotaE Rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Kamis 7 Desember 2023.

Kadis Kominfo Palopo, Hamsir Hamid, ST dalam sambutannya mengungkapkan selamat datang di Kota Palopo bagi seluruh delegasi Permikomnas dari berbagai perguruan tinggi yang meliputi Permikomnas wilayah XI.

“Dipilihnya palopo sebagai lokasi digelarnya muswil tersebut merupakan suatu kehormatan sekaligus penguat citra Kota palopo sebagai kota berdimensi pendidikan. Karenanya saya berharap semua rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti,” ungkapnya.

Lanjut Hamsir Hamid, visi misi pemerintah Kota Palopo adalah terwujudnya Kota Palopo sebagai Kota yang maju, inovatif dan berkelanjutan. Salah satu penjabaran dari visi misi itu adalah melalui pelaksanaan program smart city, ini tentu sejalan dengan program Permikomnas.

“Pelaksanaan program smart city di Kota Palopo terus diupayakan dengan berbagai potensi yang dimiliki termasuk didalamnya penyiapan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Ini amanah dari peraturan Presiden nomor 95 Tahun 2018, di mana semua daerah diwilayah republik Indonesia diharapkan untuk melakukan transformasi digital dan ini kemudian sejalan dengan kegiatan yang kita laksanakan hari ini,” jelasnya.

Hamsir Hamid menambahkan, kepengurusan Permikomnas yang secara periodik berganti adalah untuk menciptakan regenerasi dan peningkatan organisasi yang lebih baik kedepannya.

“Suksesnya suatu organisasi kedepan tentu ditentukan oleh semakin kuat upaya kita untuk melakukan kolaborasi dan kolabor-aksi. Manfaatkan dan berdayakan semua potensi SDM dalam Perkopimnas agar semua memiliki rasa kepedulian terhadap kemajuan organisasi,” tambahnya.

Terakhir Hamsir Hamid menyampaikan, selamat menggelar musyawarah wilayah semoga muswil ini dapat menghasilkan regenerasi dan kesepakatan yang dapat ditransformasikan dan diselaraskan dengan program Pemkot Palopo.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Muswil Permikomnas, Bintang Aprianta dalam laporannya mengatakan bahwa Perkopimnas merupakan sebuah wadah aspirasi mahasiswa teknik informatika, dimana Permikomnas juga ikut berperan dalam meningkatkan mutu berpikir kritis mahasiswa.

Sebagia informasi, Muswil Permikomnas wilayah XI itu di ikuti delegasi dari 15 universitas dari Sulsel dan Sulbar, dan dalam muswil itu dilakukan beberapa kegiatan diantaranya seminar nasional yang mengangkat tema “Urgensi Keamanan Data Menuju Pesta Demokrasi”.

Adapun Narasumber Muswil Permikomnas diantaranya dari Polres Kota Palopo, Akademisi dari Universitas Cokroaminoto Palopo, Komisioner KPU kota palopo, dan Pejabat Fungsional Ahli Dinas Kominfo kota palopo, Ramlan, M. Kom. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

76 + = 84