Luwu Timur Raih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil Untuk Ke-8 Kalinya

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong didampingi Dirjen Pengelolaan sampah, Limbah dan B3, Rosa Vivien Ratnawati menyerahkan Piala Adipura kepada Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

LINISULSEL.COM, JAKARTA – Kabupaten Luwu Timur khususnya Kota Malili kembali sukses meraih penghargaan Adipura Tahun 2023 dengan kategori Kota Kecil.

Ini merupakan penghargaan yang kedelapan kalinya dan kedua beruntun selama kepemimpinan Bupati Luwu Timur, H. Budiman.

Penyerahan piala Adipura diberikan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong didampingi Dirjen Pengelolaan sampah, Limbah dan B3, Rosa Vivien Ratnawati kepada Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Pemberian Penghargaan Adipura Tahun 2023 bertepatan dengan rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

Adipura merupakan agenda nasional, instrumen kebijakan yakni program yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986. Adipura merupakan penghargaan kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan untuk tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten kota.

Selain itu, juga membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik untuk mencapai kota yang berkelanjutan.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, teman-teman OPD dan jajarannya, Forkopimda, DPRD, serta seluruh stakeholders yang telah berpartisipasi sehingga wujud kita mengelola lingkungan dengan baik mendapatkan Adipura yang kedelapan.

“Kita berharap penghargaan ini bisa tetap dipertahankan sehingga bisa menjadi hal yang baik di masyarakat,” ujar Budiman.

“Sekali lagi terima kasih banyak kepada seluruh yang telah terlibat dan berpartisipasi dalam pengelolaan dan menjaga lingkungan di Kabupaten Luwu Timur khususnya di Kota Malili,” terang Bupati Luwu Timur.

Sekedar diketahui, kedelapan penghargaan Adipura Kabupaten Luwu Timur diperoleh mulai Tahun 2010 (sertifikat), 2011, 2012, 2013, 2014, 2019, 2022, dan 2023 (Piala).

Turut mendampingi Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lutim, Andi Makkaraka beserta jajaran, Camat Towuti, Saenal, dan Kabag Prokopim, Rupidin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here