Simbol 8 Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio, Pemkab Gowa Tanam 8.000 Pohon di Hari Bumi Sedunia

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan penanaman pohon Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Senin (22/4/2024).

LINISULSEL.COM, GOWA – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penanaman pohon sebanyak 8.000 pohon pada tiga titik yakni di Danau Mawang, DAS Jeneberang dan Lahan Kritis Kecamatan Tombolo Pao, Senin (22/4/2024).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi daerah dalam memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April.

“Hari ini kita memperingati Hari Bumi dengan cara melakukan penanaman pohon secara serentak di tiga lokasi, tiada lain merupakan kontribusi pemerintah daerah dalam memulihkan iklim kita yang mengalami perubahan cukup drastis sehingga bisa kembali pulih meskipun tidak terlihat dalam jangka pendek, namun akan kita tuai dalam 10 atau 15 tahun ke depan,” ungkapnya.

Tak hanya dalam momentum Hari Bumi, Pemkab Gowa secara rutin melakukan penanaman pohon setiap tiga bulan sekali di daerah lahan kritis khususnya di dataran tinggi seperti Tombolopao dan Tinggimoncong.

“Sebenarnya Pemerintah Kabupaten Gowa adalah daerah yang konsisten melakukan penanaman pohon tiga bulan sekali, karena kita yakin apa yang ditanam hari ini akan dituai di masa yang akan datang dan pohon-pohon ini akan menghasilkan oksigen, dimana oksigen itulah yang kita hirup sampai dengan hari ini,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, pohon yang ditanam hari ini harus mampu dijaga dan dipertanggungjawabkan oleh seluruh pihak dengan memastikan pohon tersebut mampu tumbuh dalam waktu tiga bulan ke depan.

“Tidak boleh ada kata terlambat dalam menanam pohon, yang penting kita konsisten untuk melakukan penanaman, dan yang terpenting menjaga dan memastikan bahwa pohon-pohon yang kita tanam hari ini bersama seluruh jajaran betul-betul tumbuh,” harap Adnan.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis mengatakan penanaman ini melibatkan seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, TNI, Polri, BUMD BUMN dan dunia usaha di Kabupaten Gowa, dimana pihaknya menyediakan sebanyak 8.000 pohon sebagai simbol delapan tahun kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni (Adnan-Kio).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, guna meningkatkan daya dukung produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan serta pelestarian lingkungan hidup,” jelasnya.

Penanaman Pohon ini dipusatkan di Danau Mawang dan turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dan para pimpinan SKPD serta Camat Lingkup Pemkab Gowa. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here