Buka GenRe Fest 2023, Bupati Lutim Minta Kedepan Digelar di Lapangan Terbuka

Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka kegiatan GenRe (Generasi Berencana) Fest tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Jumat (19/5/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka kegiatan GenRe (Generasi Berencana) Fest tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 dengan tema “Remaja Terencana, Luwu Timur Menginspirasi”, yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Jumat (19/5/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kab. Luwu Timur Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dan Forum Generasi Berencana dengan dukungan Juri dari Pujasera Music Community.

GenRe Fest yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 19-20 Mei 2023 ini, merupakan lomba pentas seni Kreasi GenRe yang diikuti kelompok PIK Remaja tingkat SMP/sederajat dan PIK Remaja SMA/sederajat, sebanyak 29 kelompok PIK Remaja atau total 298 orang peserta.

Bupati Budiman berharap dari tahun lalu bahwa kegiatan ini tidak di dalam ruangan, karena ini perlu sosialisasi memberikan informasi edukasi kepada masyarakat bahwa ada kegiatan GenRe Fest ini.

“Karena jika kegiatan seperti ini dilakukan di lapangan terbuka, masyarakat bisa tahu secara keseluruhan bahwa ini tidak ekslusif,” tegas Budiman.

Ia juga meminta agar kedepan diundang juga kepala OPD karena generasi kita ini tidak cukup hanya diurus Dinas P2KB, banyak OPD yang bisa urus juga.

“Jadi kalau kita masih berfikir sempit, maka tidak maju kita punya pemikiran. Jadi kegiatan Pemda ini pasti bersentuhan dengan yang lain, karena ketika kita berbicara generasi, pasti seluruh OPD terlibat,” tuturnya.

“Untuk anak-anak ku semua, kalian semua ini adalah generasi harapan bangsa ke depan, harapan Luwu Timur, mudah-mudahan GenRe Fest ini bisa berdampak besar dan hasilnya bisa sesuai harapan,” harap Bupati Luwu Timur dihadapan anak-anak yang menjadi peserta GenRe Fest.

Sekretaris DP2KB, I Dewa Putu Alif Suastika melaporkan, GenRe Fest merupakan kegiatan kompetisi dan edukasi remaja yang telah diselenggarakan oleh Dinas P2KB bekerjasama dengan Forum GenRe Lutim sejak tahun 2022.

Tujuannya, kata I Dewa Putu Alif, meningkatkan kreativitas dan nilai kerjasama bagi remaja dalam pengembangan kegiatan-kegiatan program GenRe yang ramah remaja dalam rangka sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan pendidikan dan masyarakat.

“Selain itu, tujuan lainnya ialah efektivitas promosi program GenRe dan kampanye pencegahan stunting melalui jaringan komunikasi media digital yang relevan, serta pengembangan program kolaborasi untuk pemberdayaan kompetensi dan life skill remaja,” jelas Sekdis P2KB Lutim.

Hadir pada kesempatan ini, pengurus Forum GenRe Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Forum GenRe Kabupaten Luwu Timur beserta pengurus, para Pembina PIK Remaja, para peserta GenRe Fest, dan perwakilan Bank Sulselbar, serta jajaran Dinas P2KB Lutim. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here