Palopo Urban Forum Didukung BPNB Sulsel Gelar Pameran Foto Karya Onggip, Walikota Apresiasi

Palopo Urban Forum didukung oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulsel menyelenggarakan Pameran Foto, Diskusi Budaya & Apresiasi Seni bertajuk "Citra Kota: Tribute to Onggip."

LINISULSEL.COM, PALOPO – Menyambut perayaan Hari Jadi Ke-20 Kota Palopo, Palopo Urban Forum yang didukung oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pameran Foto, Diskusi Budaya & Apresiasi Seni bertajuk “Citra Kota: Tribute to Onggip” dalam rangka pelestarian dan pengembangan sejarah dan budaya perkotaan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kedai Kopi Ruko Tua, pada hari Sabtu (02/07/2022).

Kegiatan ini merupakan ruang apresiasi dan dialog antar- budaya yang dimediasi oleh foto-foto lawas karya mendiang Alexander Adjie (Onggip), salah satu fotografer yang pertama di Tana Luwu.

Ketua Panitia Pelaksana, Zulfikar, dalam laporannya mengatakan bahwa teman-teman merasa perlu untuk karya Onggip kita tampilkan secara tersendiri.

Sebab Onggip adalah pelintas zaman yang dimana Onggip melakukan fotografi sejak tahun 1950-an dari zaman Soekarno dan Soeharto.

“Onggip ini telah melintasi tiga zaman. Ia melakukan dokumentasi dari orde lama, orde baru hingga reformasi. Makanya, Onggip bukan cuma seorang fotografer bagi kami. Ia juga sebagai sejarawan dan budayawan,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo dalam sambutannya merasa bersyukur karena dipertemukan di kegiatan ini dan dapat menambah wawasan dalam hal kebudayaan.

“Kalau boleh saya katakan, budaya itu berbeda dengan adat. Mari kita perbaiki pemahaman kita pada yang saya katakan tadi, antara adat dan kebudayaan berbeda tentu yang membedakan adalah yang diatur oleh perundangan-undangan,” tuturnya.

“Saya berterima kasih dengan apa yang sudah hampir punah ini. Bisa kita bangkitkan kembali sebagai kekuatan yang baru di Kota Palopo,” tambahnya.

Terakhir, Walikota menyampaikan kabar perkembangan tentang pengukuhannya Kota Palopo sebagai Kota Wisata Kesehatan dan akan menjadi Kota Seribu Taman.

Dalam pameran foto tersebut, ada sekitar 228 foto yang dipamerkan, yang merupakan karya dan koleksi di album pribadi Onggip, serta kontribusi dari warga Palopo yang dipotret oleh Onggip.

Foto-foto yang ditampilkan dalam Citra Koto: Tribute to Onggip secara umum dapat dibagi dalam 5 genre, yakni foto amatir, foto sejarah, foto dokumentasi keluarga, foto identitas, dan foto studio. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here