Upacara HUT Kemerdekaan Tingkat Lutim Hadirkan 1.000 Pelajar Untuk Aubade

Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lutim mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih Tahun 2023 yang dilaksanakan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Rabu (16/8/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Luwu Timur berlangsung hikmat di Lapangan Soekarno-Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kamis (17/8/2023).

Upacara diikuti oleh seluruh Forkopimda Lutim, Anggota DPRD Lutim, jajaran TNI dan Polri, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD Pemkab Luwu Timur, para ASN, Ormas, kepala desa se Kecamatan Malili serta pelajar SD, SMP dan SMA.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman, M.Pd. Pembaca Teks Proklamasi, Ketua DPRD Lutim, Aripin, S.Ag. Sementara Perwira Upacara, Martinus Wemben, S.Sos. (Kabag SDM Polres Lutim/Alumni Secapa Reg 39 2010), dan Komandan Upacara IPTU Jemmi Ponglaba (Kasubag Stragemen Reformasi Birokrasi/Alumni Secapa Reg 44 2015).

Sedangkan untuk pengibar bendera merah putih, sebagai pembawa Baki adalah Andira Stefani Parassa Siswi UPTD SMA 12 Luwu Timur, Pembentang bendera, Muhammad Abrar Siswa UPTD SMK 1 Lutim, Penarik Bendera, Gilbert Pobuti siswa UPTD SMA 5 Luwu Timur, dan Komandan Pasukan 8 Muhammad Andika Tri Putra Bayangkara Muller siswa UPTD SMA 1 Luwu Timur.

Pelaksanaan upacara hari kemerdekaan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya peserta aubade atau kelompok penyanyi lagu-lagu perjuangan pesertanya terbatas, maka atas arahan Bupati Lutim, H. Budiman, pada upacara HUT RI Ke 78 tahun ini melibatkan 1.000 siswa-siswi SMP se-Kecamatan Malili, yang dilatih oleh Felix Shere Mangadi, SPd.K Guru SMPN 1 Malili.

Kelompok Aubade ini menyanyikan 7 buah lagu yang terdiri dari lagu Nasional, Mars Luwu Timur dan lagu daerah seperti Lembata Tana Luwu, Rasa Sayange, Angin Mamiri dan Manuk Dadali, secara medley.

Penampilan peserta aubade ini dilengkapi dengan persembahan solo lagu “Indonesia Jaya“ yang dibawakan dengan begitu apik oleh Reyfano Christo Tangkawata, siswa kelas 8 UPTD SMPN 1 Malili. Penampilan peserta aubade mendapat aplaus yang sangat meriah dari seluruh peserta upacara.

Bupati Lutim, H. Budiman usai upacara bendera mengucap syukur karena upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-78 berjalan dengan hikmat, lancar dan sukses.
“Ini merupakan wujud syukur kita, wujud syukur masyarakat atas kemerdekaan ini.

Mudah-mudahan kedepan Kabupaten Luwu Timur semakin maju lagi, semakin baik lagi dan Republik ini semakin maju dan bertumbuh dengan baik,” ucapnya.

“Yang jelas, kita bersuka cita telah melewati beberapa tantangan di beberapa tahun yang lalu seperti hambatan-hambatan pandemi, dan masyarakat telah merayakan kebahagiaan itu,” ungkapnya.

Budiman berharap, tahun depan kita semua sehat-sehat, dan akan kembali mengisi kemerdekaan dengan baik tentu dengan membangun daerah ini dengan bersungguh-sungguh.

“Kita berharap partisipasi masyarakat semakin besar. Tadi kita lihat anak-anak yang Aubade itu kurang lebih 1.000 orang, dan itu merupakan bagian dari bagaimana mereka mencintai Republik Indonesia ini,” tutup Bupati Budiman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here